Implementasi Metode Mnemonic dan SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Tilawatil Qur’an di Lembaga Cheng Hoo Mengaji Kaliwates Jember Tahun ajaran 2016-2017

Mahmudah, Ms. (2017) Implementasi Metode Mnemonic dan SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Tilawatil Qur’an di Lembaga Cheng Hoo Mengaji Kaliwates Jember Tahun ajaran 2016-2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Mahmudah_084124012.pdf

Download (12MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber dari segala aspek kehidupan, setiap muslim harus mempelajarinya. Al-Qur’an juga merupakan undang-undang Allah yang kokoh yang memberikan kebahagiaan bagi yang menjadikannya pegangan dalam kehidupan. Lupa merupakan persoalan yang biasa dialami oleh manusia. Mungkin hal ini sudah menjadi konsekuensi logis dari kemampuan manusia yang memiliki daya ingatan. Terutama bagi orang yang sudah berusia lanjut. Metode Mnemonic adalah cara menghafal atau metode jembatan keledai sebagai alat bantuan memori untuk mengingat informasi. dalam pembelajaran, selain membutuhkan strategi juga membutuhkan metode pembelajaran sebagai perantara dalam penyampaian informasi atau materi pelajaran kepada santri. dan SAS (struktural analitik sintetik) sangat membantu dalam pembelajaran membaca permulaan karena SAS adalah suatu pendekatan cerita yang disertai dengan gambar yang didalamnya terkandung unsur analitik sintetik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode mnemonik dan SAS dalam pembelajaran tilawatil Qur’an di Lembaga Cheng Hoo Mengaji Kaliwates Jember Tahun Ajaran 2016-2017?, 2)Apa saja problematika yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran Tilawatil Qur’an di Lembaga Cheng Hoo Mengaji Kaliwates Jember Tahun Ajaran 2016-2017? Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi metode mnemonik dan SAS dalam pembelajaran tilawatil Qur’an di Lembaga Cheng Hoo Mengaji Kaliwates Jember Tahun Ajaran 2016-2017. 2)Untuk mengetahui Apa saja problematika yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran Tilawatil Qur’an di Lembaga Cheng Hoo Mengaji Kaliwates Jember tahun ajaran 2016-2017. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil temuan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi pembelajaran tilawatil Qur’an di Lembaga Cheng Hoo Mengaji menggunakan buku Tajdied (metode mnemonic dan SAS). Peserta didiknya adalah kalangan dewasa, terutama para muallaf. Dilaksanakan 5 kali TTM bagi yang kemampuannya normal, bagi yang lemah mencapai 7 kali TTM untuk menyelesaikan buku tilawah. Proses KBM nya dengan cara klasikal dan individual, dengan komposisi 1 guru menangani 5 santri. Durasi 1 kali TTM maksimal 1 jam termasuk dengan waktu istirahat. Penggunaan metode mnemonic dan SAS dalam buku Tajdied yang digunakan santri di Lembaga Cheng Hoo Mengaji sangat membantu santri. Karena di dalam buku tersebut terdapat beberapa kata kunci yang mudah untuk diingat. Sehingga ketika santri lupa terhadap huruf yang akan dibacanya, maka santri cukup melihat kata kuncinya saja Selanjutnya santri dibimbing mengurai satu persatu kata kunci, bunyi vokal A-I-U, bacaan panjang/mad, tanwin, sukun tasydid, dan materi yang lain. Beberapa problem yang dihadapi dalam Implementasi Pembelajaran Tilawatil Qur’an di Lembaga Chenghoo Mengaji terdiri dari dua faktor, yaitu faktor fisik dan faktor non fisik. Faktor fisik itu sendiri meliputi penglihatan dan pendengaran, artikulasi atau pengucapan dan ketahanan tubuh atau penyakit. Sedangkan dari segi non fisik problem itu muncul karena kurangnya motivasi, hilangnya apa yang sudah dipelajari semula, lemahnya daya ingat atau mudah lupa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:46
Last Modified: 05 Apr 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21815

Actions (login required)

View Item View Item