Peran Kyai Sebagai Pemegang Otoritas Dalam Memimpin Lembaga Non Formal Di Pondok Pesantren An-nuriyyah Songon Pondok Joyo Semboro Jember

Wahyuni, Nuriyah Fikri (2019) Peran Kyai Sebagai Pemegang Otoritas Dalam Memimpin Lembaga Non Formal Di Pondok Pesantren An-nuriyyah Songon Pondok Joyo Semboro Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nuriyah Fikri Wahyuni_T20153017.pdf

Download (21MB)

Abstract

Pondok pesantren An-nuriyyah merupakan sebuah pesantren yang berada ditengah-tengah masyarakat desa. Didalam pondok pesantren An-nuriyyah terdapat dua lembaga pendidikan, yaitu lembaga pendidikan formal dan non formal. Masyarakat desa pada umumnya menyekolahkan dan memondokkan putra-putrinya di pondok pesantren tersebut, dikarenakan masyarakat sangat mempercayai pola kepemimpinan kyai di pondok pesantren An-nuriyyah. Sehingga rata-rata yang sekolah ataupun yang mondok pesantren An-nuriyyah tersebut adalah putra-putri di masyarakat desa sekitarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran Kyai Sebagai Pemegang Otoritas Rasional Dalam Memimpin Lembaga Pendidikan Non Formal Di Pondok Pesantren An-nuriyyah Songon Pondok Joyo Semboro Jember. 2) Bagaimana Peran Kyai Sebagai Pemegang Otoritas Tradisional Dalam Memimpin Lembaga Pendidikan Non Formal Di Pondok Pesanten An-nuriyyah Songon Pondok Joyo Semboro Jember. 3) Bagaimana Peran Kyai Sebagai Pemegang Otoritas Kharismatik Dalam Memimpin Lembaga Pendidikan Non Formal Di Pondok Pesantren An-nuriyyah Songon Pondok Joyo Semboro Jember. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran kyai sebagai pemegang otoritas rasional dalam memimpin lembaga pendidikan non formal di pondok pesantren An-nuriyyah Songon Pondok Joyo Semboro Jember. 2) Untuk mendeskripsikan peran kyai sebagai pemegang otoritas tradisional dalam memimpin lembaga pendidikan non formal di pondok pesantren Annuriyyah Songon Pondok Joyo Semboro Jember. 3) Untuk mendeskripsikan peran kyai sebagai pemegang otoritas kharismatik dalam memimpin lembaga pendidikan non formal di pondok pesantren An-nuriyyah Songon Pondok Joyo Semboro Jember Metode peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif dan penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive yang teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dikumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkah analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Peran Kyai Sebagai Pemegang Otoritas Rasional Dalam Memimpin Lembaga Pendidikan Non Formal Di Pondok Pesantren An-nuriyyah Kyai selaku pengasuh sebagai pemegang kekuasaan dan sebagai pemimpin beliau juga mematuhi aturannya sebagai pemimpin. Beliau bersikap adil dan bijaksana. 2) Peran Kyai Sebagai Pemegang Otoritas Tradisional Dalam Memimpin Lembaga Pendidikan Non Formal Di Pondok Pesantren Annuriyyah yang menjadi tradisi adalah pengajian kitab Jawahirul Bukhari yang digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x dimana kegiatan pengajian kitab ini dilaksanakan setelah sholat duhur yang diajar oleh pengasuh sendiri. 3) Peran Kyai Sebagai Pemegang Otoritas Karismatik Dalam Memimpin lembaga pendidikan non formal di pondok pesantren Annuriyyah bahwasannya hubungan Kyai dengan dan santri sangat dekat sekali, karena segala kebutuhan yang terkait dengan kelembagaan selalu musyawarah. Kedekatan kyai dengan santri contohnya santri di Pondok Pesantren An-nuriyyah memanggil Kyai dengan sebutan Abi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:50
Last Modified: 05 Apr 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21845

Actions (login required)

View Item View Item