Fadilah, Siti Nur (2019) Pengaruh Media Interaktif Bernuansa Islami Menggunakan Adobe Flash CS 6 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP Negeri 1 Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Nur Fadilah_T20157021.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata kunci: Metode interaktif bernuansa Islami, Hasil belajar siswa Media pembelajaran dapat mempengaruhi psikologis dan hasil belajar siswa. Peranan media antara lain adalah untuk memudahkan siswa dalam memahami suatu konsep dan menguatkan pemahaman siswa, selain itu mampu memberi kesan yang besar dalam bidang komunikasi dan pendidikan karena bisa mengintegrasikan teks, grafik, animasi, audio dan video. Ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan, salah satu diantaranya adalah media interaktif bernuansa Islami. Kelebihan media interaktif bernuansa Islami adalah sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dibentuk dengan nilai-nilai Islami dari segi materi, motivasi, design background, character atau animasi, dan backsound. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah hasil belajar siswa yang menggunakan media interaktif bernuansa islami dengan Adobe Flash Cs 6 pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2018/2019? 2) bagaimanakah hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media interaktif bernuansa islami dengan Adobe Flash Cs 6 pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2018/2019? 3) adakah perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media interaktif bernuansa Islami dengan siswa yang tidak menggunakan media interaktif bernuansa Islami pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Jember tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan bentuk trueexperimental design. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu two group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Cluster Random Sampling sehingga diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Siswa diberikan pretest untuk mengetahui pengetahuan awal siswa, dan posttest untuk mengetahui gambaran tentang kemampuan yang dicapai setelah berakhirnya penyampaian pelajaran. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-test. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media interaktif bernuansa islami dengan Adobe Flash Cs 6 pada materi persamaan linear satu variabel pada pretest sebesar 67,50 dan pada posttest sebesar 86,45. 2) Rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media interaktif bernuansa islami dengan Adobe Flash Cs 6 pada materi persamaan linear satu variabel pada pretest sebesar 67,91 dan pada posttest sebesar 79,16. 3) Berdasarkan analisis uji t diperoleh bahwa pada pretest tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol yang ditunjukkan oleh t hitung sebesar –0,121 lebih kecil dari t tabel sebesar 2,001 (sig 0,904). Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Sedangkan pada posttest 67,50 dan pada posttest terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol yang ditunjukkan oleh t hitung sebesar 2,879 lebih besar dari t tabel sebesar 2,001 (sig 0,006), dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,45 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 79,16. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media interaktif bernuansa Islami menggunakan Adobe Flash CS 6 terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi persamaan linear satu variabel di SMP Negeri 1 Arjasa Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:50 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21850 |
Actions (login required)
View Item |