Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Baitussalam desa Sumberkepuh kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi

Nisa, Revina Khoirun (2019) Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Baitussalam desa Sumberkepuh kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Revina Khoirun Nisa_084131397.pdf

Download (4MB)

Abstract

Untuk meningkatkan suatu kualitas bacaan al-Qur’an setidaknya di tentukan oleh dua hal penting yang saling berkaitan, yaitu kualitas seorang pendidik dan metode pembelajaran yang di gunakan. Jika kualitas seorang pendidik itu baik tanpa di dukung dengan adanya metode pembelajaran yang tepat, maka tidak menjamin hasil pendidikan menjadi baik dan berkualitas, begitupun sebaliknya. Selain kualitas dan metode dalam proses pembelajaran juga dibutuhkan adanya peserta didik. seperti di TPQ Baitussalam yang juga memiliki peseta didik atau santri kurang lebih ada 200 santri dan 20 orang ustadzah. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tentang penerapan metode Qiroati dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di Taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baitussalam desa Sumberkepuh Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tentang penerapan metode Qiroati. Penelitian ini dilaksanakan di Taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baitussalam Desa Sumberkepuh Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitianiniadalah: dalam perencanaannya metode Qiroati direncanakan dengan cara melakukan target-target mulai dari jilid 1 sampai dengan jilid 6. pengajarannya guru diharuskan mengajari murid satu persatu. Akan tetapi secara khusus untuk jilid 3-6 dilakukan secara klasikal, yaitu beberapa murid membaca dan menyimak bersama dalam satu ruangan dengan bimbingan guru. Dalam Pelaksanaannya metode Qiroati dilakukan dengan cara dikenalkan dengan huruf-huruf berharakat fathah secara klasikal dengan mengenalkan satu huruf terlebih dahulu misalnya(ا ( dengan menggunakan peraga kartu berukuran besar sampai anak-anak betul-betul menguasai. Pembelajaran dilanjutkan dengan menggabungkan ( ا ( dan ) ا ( menggunakan kartu berukuran besar setelah anak menguasai penggabungan ) ا ) dan) ا( menggunakan kartu berukuran besar selanjutnya peraga diganti dengan menggunakan kartu peraga kecil secara individu. Selain itu, diajarkan ilmu tajwid, makhorijul huruf, dan ghorib. Dalam Evaluasi pelaksanaan metode Qiroati dilakukan dengan cara tes kenaikan halaman, tes kenaiakan jilid, tes khatam Al-Qur’an. Tes kenaiakan halaman dilakukan apabila sudah mampu membaca dengan lancar dan fasih. Tes kenaikan jilid dilakukan apabila sudah mampu membaca dengan lancar dan menguasai do’a-do’a dan tes khatam Al-Qur’an apa bila sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan tertil dan bertajwid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:49
Last Modified: 05 Apr 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item