Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, Dan Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember

Pratiwi, Tania Yulista (2023) Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, Dan Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Tania Yulista Pratiwi 2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tania Yulista Pratiwi, 2022: Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, dan Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.
Kata kunci : Motivasi, gaya hidup, dompet digital, dan perilaku konsumtif mahasiswa
Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan seseorang berperilaku berlebihan dalam membeli sesuatu atau membeli secara tidak terencana. Perilaku konsumtif condong terjadi dimasa remaja karena difase ini mereka mencari jati dirinya. Perilaku konsumtif mahasiswa bisa dipengaruhi oleh motivasi perilaku konsumtif, gaya hidup di lingkungan kampus, dan dompet digital sebagai kemudahan dalam bertransaksi.
Rumusan masalah: 1) apakah motivasi berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 2) apakah gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 3) apakah dompet digital berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 4) apakah motivasi, gaya hidup, dan dompet digital berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember?.
Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui apakah motivasi dapat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di FEBI UIN KHAS Jember. 2) untuk mengetahui apakah gaya hidup dapat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. 3) untuk mengetahui apakah dompet digital berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. 4) untuk mengetahui apakah motivasi, gaya hidup, dan dompet digital berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan asosiatif, metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel 100 responden, analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji parsial atau uji t, dan uji simultan atau uji F.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa 1) Motivasi berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. 2) Gaya Hidup tidak berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember 3) Dompet Digital tidak berpengaruh secara parsial terhadap terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. 4) Motivasi, Gaya Hidup, Dompet Digital berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Tania Yulista Pratiwi
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:25
Last Modified: 06 Apr 2023 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21891

Actions (login required)

View Item View Item