Irawan, Alex Bambang (2019) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas x di SMA Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Alex Bambang Irawan_084131299.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan adalah suatu proses terencana untuk mendewasakan manusia, dengan kata lain pendidikan merupakan suatu upaya untuk memanusiakan manusia karena hanya dengan pendidikan, manusia dapat berkembang secara wajar dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai manusia. Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadist. Pendidikan Agama Islam merupakan sistem pendidikan yang diselenggarakan atau didirikan dengan niat untuk mengajarkan dan nilai-nilai islam dalam kegiatan pendidikannya. Peneliti mengambil judul “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah1)Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 Tujuan Penelitian Ini adalah :1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Plus Darul Hikmah kranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Plus Darul Hikmah kranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Plus Darul Hikmah kranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposif. Metode dalam pengumpulan data antara lain, observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari kepala sekolah, wakil sekolah, guru, dan siswa. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah pertama ,Pada perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam kelas harus sesuai dengan silabus yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengacu pada silabus kedua , Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI harus sesuai dengan RPP yang sudah dibuat yakni mencakup 3 tahapan kegiatan yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang mencakup 5 M, yakni melihat, menulis, membaca, mendengar, dan mengamati, juga penutup pada bagian akhir yang berisi penguatan dan penilaian keberhasilan pembelajaran. Ketiga, evaluasi yang telah dilaksanakan dalam pembelajaran di SMA Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah jenis evaluasi standart yang telah dilakukan pada setiap lembaga pendidikan yakni evaluasi formatif dan evaluasi sumatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 01:23 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 01:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21898 |
Actions (login required)
View Item |