Syahroni, Mahmud (2019) Pembelajaran Nagham Al-Quran melalui Buku Pegangan Qari’ Dan Qari’ah pada Kegiatan Sanggar Bina Al-Qur’an di Pondok Pesantren Riyadlul Qori'in Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mahmud Syahroni_T20151254.pdf Download (4MB) |
Abstract
Al-Qur’an adalah kalamullah yang merupakan mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, dan membacanya merupakan suatu ibadah. Ketika membaca Al-Qur’an akan terasa lebih indah dibaca ketika menggunakan nagham (lagu). Mempelajari nagham Al-Qur’an harus mengetahui teori seni baca Al-Qur’an yang baik, karena keduanya tidak terlepas dari masalah nafas dan suara. Akan tetapi hurufnya harus memakai kaidah-kaidah tajwid. PP Riyadlul Qori’in AJung Jember adalah pondok pesantren yang memiliki perhatian terhadap masalah tilawah nagham Al-Qur’an, hal ini dibuktikan dalam melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan tilawah nagham Al-Qur’an. Salah satu upayanya adalah dengan mengadakan kegiatan sanggar bina Al-Qur’an. Buku yang digunakan adalah buku pegangan qari’ dan qari’ah. Metode yang digunakan adalah metode jibril. Kegiatan SBQ merupakan salah satu kegiatan dalam upaya menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an, agama Islam dan membentengi santri dari hidup budaya barat yang bertentangan dengan norma-norma agama. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran nagham Al-Quran melalui buku pegangan qari’ dan qari’ah pada kegiatan sanggar bina AlQur’an di Pondok Pesantren Riyadlul Qori'in Ajung Jember?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran nagham Al-Quran melalui buku pegangan qari’ dan qari’ah pada kegiatan sanggar bina Al-Qur’an di Pondok Pesantren Riyadlul Qori'in Ajung Jember?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran nagham Al-Quran melalui buku pegangan qari’ dan qari’ah pada kegiatan sanggar bina Al-Qur’an di Pondok Pesantren Riyadlul Qori'in Ajung Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis field research. Lokasi bertempat di PP Riyadlul Qori’in Ajung Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif interaktif model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran nagham Al-Quran melalui buku pegangan qari’ dan qari’ah pada kegiatan SBQ dilakukan dengan cara pembina melakukan analisis karakter siswa dilihat dari minat, bakat dan kemampuannya. Pembina menyiapkan perangkat pembelajaran yang sederhana dan materi tentang ayat-ayat al-Qur’an yang akan diajarkan dengsn strategi memberi materi/maqro’ terlebih dahulu (2) Pelaksanaan pembelajaran nagham Al-Quran melalui buku pegangan qari’ dan qari’ah pada kegiatan SBQ dengan metode Jibril, yakni pembina memberikan contoh bacaan ayat al-Qur’an yang dilagukan kemudian siswa menirukannya secara bersama-sama. Dalam hal ini yang harus dikuasai yaitu tajwid, nafas, suara dan jenis-jenis lagu. (3) Evaluasi pembelajaran nagham Al-Quran melalui buku pegangan qari’ dan qari’ah pada kegiatan SBQ dilakukan dengan cara unjuk kerja yaitu praktek secara individu dan pembina memberikan nilai sesuai dengan indikator-indikator yang ditetapkan oleh pembina. Lembaga juga mengadakan lomba MTQ untuk mengetahui seberapa hasil santri yang sudah mempelajari nagham Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 08:23 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 08:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21909 |
Actions (login required)
View Item |