Penerapan Metode Demonstrasi dalam Menanamkan Nilai Akhlaqul Karimah Pada Siswa Tuna Rungu di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Kaliwates (SMPLB) Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Fariantika, Ridha (2018) Penerapan Metode Demonstrasi dalam Menanamkan Nilai Akhlaqul Karimah Pada Siswa Tuna Rungu di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Kaliwates (SMPLB) Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ridha Fariantika_084 131 287.pdf

Download (17MB)

Abstract

Dalam kehidupan muslim, tentu sangat dibutuhkan pendidikan Agama Islam. Pendidikan ini harus ditanamkan sejak dini baik kepada peserta didik normal maupun yang berkebutuhan khusus dalam seperti tuna rungu. Seorang anak berkebutuhan khusus juga mempunyai hak untuk diberikan pendidikan terutama pendidikan agama Islam agar kehidupan mereka menjadi lebih baik dan bermakna seperti peserta didik normal pada umumnya. Metode demonstrasi adalah salah satu metode yang cukup diandalkan oleh para guru di SMPLB mengajar peserta didik berkebutuhan khusus. Hal ini dikarenakan selain mudah dicerna oleh indra penglihatan mereka, penerapannya metode ini pula adalah menggunakan gerakan-gerakan atau demonstrasi untuk menjelaskan maksud dari materi yang akan disampaikan. Tentu hal ini sangat efisien untuk para peserta didik penyandang tuna rungu. Penerapan metode demonstrasi ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dengan 3 komponen di atas, maka diharapkan tujuan pendidikan di SMPLB Kaliwates Jember dapat tercapai dengan baik. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana perencanaan metode demonstrasi dalam menanamkan nilai akhlaqul karimah pada siswa tuna rungu dengan teknik bahasa tubuh di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Kaliwates Jember tahun pelajaran 2017/2018, 2.) Bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam menananmkan nilai akhlaqul karimah pada siswa tuna rungu dengan teknik bahasa tubuh di Sekolah Menengah Petama Luar Biasa Kaliwates Jember tahun pelajaran 2017/2018, 3.) Bagaimana evaluasi pelaksanaan Metode demonstrasi dalam menanamkan nilai akhlaqul karimah pada siswa tuna rungu dengan teknik bahasa tubuh di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Kaliwates Jember tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan: Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan: 1. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, penyiapan media,sumber perangkat penilaian pembelajaran, dan scenario pembelajaran. 2. Pelaksanaan pembelajaran meliputi: pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. 3. Evaluasi pembelajaran meliputi: Evaluasi formatif seperti ulangan harian dan evaluasi sumatif seperti ulangan semester .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:22
Last Modified: 06 Apr 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21916

Actions (login required)

View Item View Item