Penerapan Metode Takrir dalam Program Tahfiz Alquran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Jember

Hasanah, Risqotul (2019) Penerapan Metode Takrir dalam Program Tahfiz Alquran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risqotul Hasanah_084 141 365.pdf

Download (18MB)

Abstract

Alquran adalah mu’jizat Rasulullah yang kekal, dimana kita sebagai umat islam memiliki kewajiban untuk menjaganya. Salah satu menjaganya dari zaman Rasulullah hingga saat ini adalah dengan menghafal Alquran. Allah tidak akan pernah mempersulit orang-orang yang akan mempelajari atau mengahafal Alquran bahkan Allah akan memberi pertolongan dan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menghafalkan Alquran. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode takrir dalam program tahfiz Alquran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode takrir dalam program tahfiz Alquran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan metode takrir dalam program tahfiz Alquran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Jember 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan pengambat penerapan metode takrir dalam program tahfiz Alquran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Dengan subyek penelitian menggunakan purposif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan penelitian adalah: 1) Penerapan metode takrir dalam program tahfiz Alquran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Jember menggunakan sistem setoran hafalan. di dalam program tersebut setoran hafalannya ada beberapa tahapan: a) Tahapan menyetorkan hafalan kepada ustaz/ustazah yang dilakukan setiap hari b) Tahapan menyetorkan kepada Neng selaku wakil Kepala Sekolah jika hafalan siswa/santri tersebut dinilai lancar oleh ustaz/ustazah, dan kemudian jika siswa/santri sudah dinilai baik dan lancar hafalannya, baik dari segi bacaan maupun makharijul hurufnya oleh ustaz/ustazah maupun Neng c) Tahapan menyetorkan hafalan sekaligus melakukan ujian mengulang hafalan di hadapan Kyai selaku pengasuh Pondok Pesantren Nuris Jember per-enam bulan sekali. 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode takrir dalam program tahfiz Alquran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Jember : a) faktor pendukung: adanya sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pengajar yang sesuai dengan bidangnya, yakni di bidang Alquran dan adanya kebijakan dari kepala sekolah yang bekerjasama untuk pengembangan kreatifitas ustaz/ustazah maupun siswa/santri. b) faktor penghambat: kesulitan mengatur waktu, kurang menyadari manfaat metode takrir, kurang istiqomah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:17
Last Modified: 06 Apr 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21940

Actions (login required)

View Item View Item