Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Antara Siswa Kelas Sains Dan Siswa Kelas Bahasa Program Full Day School Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Fauziyah, Siti Musta'anatul (2019) Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Antara Siswa Kelas Sains Dan Siswa Kelas Bahasa Program Full Day School Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Musta’anatul Fauziyah_084 141 211.pdf

Download (26MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang merupakan salah satu madrasah yang mampu memberikan tempat untuk peserta didik dalam mengembangkan potensi, bakat dan minat yang mereka miliki, oleh karena itu di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang terdiri dari kelas regular, full day dan excellen. Kelas full day terdiri dari kelas sains, kelas bahasa, kelas diniah dan kelas tahfiz. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1) Adakah perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fikih pada aspek afektif antara siswa kelas sains dan siswa kelas bahasa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019?, 2) Adakah perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fikih pada aspek kognitif antara siswa kelas sains dan siswa kelas bahasa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019?, 3) Adakah perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fikih pada aspek psikomotorik antara siswa kelas sains dan siswa kelas bahasa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fikih pada aspek afektif antara siswa kelas sains dan siswa kelas bahasa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fikih pada aspek kognitif antara siswa kelas sains dan siswa kelas bahasa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fikih pada aspek psikomotorik antara siswa kelas sains dan siswa kelas bahasa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah komparatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus Test “t”. Hasil penelitian ini yakni 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fikih pada aspek afektif antara siswa kelas sains dan siswa kelas bahasa program full day school di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Salah satu perbedaan yang terdapat pada aspek afektif yakni dalam hal kedisiplinan belajar siswa yang menunjukkan bahwa kelas sains lebih disiplin dari pada kelas bahasa pada saat proses KBM berlangsung. Hal ini sesuai dengan hasil dari uji t, yang menunjukkan nilai th lebih besar dari nilai tt yakni th= 2,096 dan tt= 2,000. 2) Terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fikih pada aspek kognitif antara siswa kelas sains dan siswa kelas bahasa program full day school di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Salah satu perbedaan yang terdapat pada aspek kognitif yakni dari digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix perolehan nilai tugas dan ulangan harian yang menunjukkan bahwa nilai siswa kelas sains diatas rata-rata KKM dan kelas bahasa lebih rendah dari kelas sains walaupun perbedaannya tidak terlalu jauh. Hal ini dapat terlihat dari nilai th yang diperoleh sebesar 2,823 lebih besar dari nilai tt dengan nilai sebesar 2,000. 3) Terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fikih pada aspek psikomotorik antara siswa kelas sains dan siswa kelas bahasa program full day school di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Salah satu perbedaan yang terdapat pada aspek psikomotorik yakni dalam hal ketepatan gerakan dan bacaan saat pelaksanaan praktek sholat, yang menunjukkan bahwa siswa kelas sains dalam hal gerakan dan bacaannya lebih baik dari kelas bahasa. Gerakan sholat siswa kelas sains lebih tepat dan saat membacakan bacaan sholat makharijul huruf serta tajwidnya lebih tepat dari kelas bahasa. Hal ini dapat di uji dengan menggunakan uji t yang menunjukkan nilai th yang diperoleh sebesar 2,395 lebih besar dari nilai tt dengan nilai sebesar 2,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:17
Last Modified: 06 Apr 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21941

Actions (login required)

View Item View Item