Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an dengan Kitab AlInayyah Pada Jam’iyah Tadarus Al-Qur’an Nurul Qur’an Wal Ittihad Jember

Pratama, Dika (2019) Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an dengan Kitab AlInayyah Pada Jam’iyah Tadarus Al-Qur’an Nurul Qur’an Wal Ittihad Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dika Pratama_084 141 043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kegiatan yang menjadi kebiasaan umat Islam di Indonesia ialah dengan maraknya kegiatan hataman al-Qur’an di mushollah ataupun di masjid. Disatu sisi hal tersebut membanggakan, tetapi pada realitanya masih terdapat beberapa kekurangan di dalamnya seperti banyak diantara umat Islam yang sering melakukan kegiatan hataman, tetapi hanya sekedar membaca al-Qur’an saja tanpa mengetahui makna dari ayat yang dibaca. Hal tersebut tentu memerlukan adanya sebuah tindakan untuk dapat mengatasi persoalan yang ada. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran terjemah al-qur’an dengan kitab al-inayyah pada jam’iyah tadarus al-qur’an nurul qur’an wal ittihad Jember?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran terjemah al-qur’an dengan kitab al-inayyah pada jam’iyah tadarus al-qur’an nurul qur’an wal ittihad Jember?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran terjemah al-qur’an dengan kitab al-inayyah pada jam’iyah tadarus al-qur’an nurul qur’an wal ittihad Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran terjemah al-qur’an dengan kitab al-inayyah pada jam’iyah tadarus al-qur’an nurul qur’an wal ittihad Jember. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran terjemah al-qur’an dengan kitab alinayyah pada jam’iyah tadarus al-qur’an nurul qur’an wal ittihad Jember. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran terjemah al-qur’an dengan kitab al-inayyah pada jam’iyah tadarus al-qur’an nurul qur’an wal ittihad Jember Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya untuk memganalisis data yang diperoleh ialah menggunakan analisis model Milles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, maka diperoleh hasil bahwa: 1.) Perencanaan pembelajaran terjemah al-Qur’an dengan kitab al-Inayyah pada Jam’iyah Tadarus Al-Qur’an Nurul Qur’an Wal Ittihad Jember belum dilakukan secara maksimal (tidak pasti, tertulis, detail) pada semua komponen meliputi tujuan, media, materi, metode dan pendekatan pembelajaran. Dan terdapat dua kelompok yang melakukan perencanaan tersebut yaitu perencanaan yang dilakukan bersama pengurus dan perencanaan yang dilakukan oleh kyai sendiri selaku pemateri, 2.) Pelaksanaan pembelajaran terjemah al-Qur’an dengan kitab al-Inayyah pada Jam’iyah Tadarus Al-Qur’an Nurul Qur’an Wal Ittihad Jember dilaksanakan menggunakan pendekatan teacher centre (berpusat pada guru) dengan metode ceramah dan tanya jawab dan materi yang diberikan ialah seputar ayat-ayat al-Qur’an yang terdapat pada kitab al-Inayyah tanpa media pembelajaran yang mendukung dan dapat dikatakan kurang maksimal, 3.) Evaluasi pembelajaran terjemah al-Qur’an dengan kitab al-Inayyah pada Jam’iyah Tadarus Al-Qur’an Nurul Qur’an Wal Ittihad Jember ialah menggunakan evaluasi formatif dengan bentuk adanya sesi tanya jawab diakhir pembelajaran tetapi hanya dibatasi untuk 2 orang saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:19
Last Modified: 06 Apr 2023 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21969

Actions (login required)

View Item View Item