Savana, Eva (2020) Peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Eva Savana_T20165097.pdf Download (3MB) |
Abstract
Guru mempunyai peran yang signifikan dalam menanamkan pengetahuan dan membentuk tingkah laku peserta didik. Peran guru yang meliputi sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator diharapkan menjadi tonggak keberhasilan dalam mengembangkan potensi anak didik khususnya terkait dengan kemampuan motorik kasar anak, yaitu bagaimana peran guru dapat memperkenalkan dan melatih gerakan yang melibatkan kemampuan otot besar pada anak Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2) bagaimana peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2019/2020? 3) bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Suren Ledokombo Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan yaitu: 1) Peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B dilakukan dengan cara guru menyediakan berbagai fasilitas media permainan bagi anak didik untuk melakukan kegiatan bermain seraya belajar, menjadi mitra dan memfasilitasi anak agar dapat mengembangkan gerakan-gerakan dasar seperti berjalan dan berlari kecil dengan baik, melatih anak memiliki keseimbangan dasar. Guru menyediakan permainan edukatif papan titian dan lempar tangkap bola guna mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, yaitu anak-anak diberi fasilitas permainan agar mampu melatih otot-otot kasar anak dalam melakukan gerakan-gerakan dasar. 2) Peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B dilakukan dengan berusaha memberikan dukungan yang positif kepada setiap anak. Wujud dukungan positif yang berikan guru berbentuk pujian dan hadiah agar anak lebih giat lagi usahanya untuk memperbaiki atau mempertinggi prestasi yang telah dicapainya. 3) Peran guru sebagai evaluator dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B dilakukan dengan mengamati/observasi dan mencatat, tingkat lama perhatian, kemandirian, jumlah dan kualitas gerak fisik anak. Guru mendokumentasikan data tentang berbagai tingkat perkembangan dan pertumbuhan anak yang telah dihimpun. Proses penilaian dan identifikasi informasi yang dilakukan guru didokumentasikan dengan bentuk catatan anekdot, hasil unjuk kerja, dan lembar penilaian cheklist.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 07:20 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 07:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2201 |
Actions (login required)
View Item |