Implementasi Digital Enabler Sebagai Media Promosi Wisata Puncak Pakel Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

Sa'diyah, Firdatus (2023) Implementasi Digital Enabler Sebagai Media Promosi Wisata Puncak Pakel Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Firdatus Sa'diyah_E20192193.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak. Digital enabler merupakan suatu istilah yang digunakan dalam transformasi pemasaran desa wisata. Berbagai teknologi yang diklasifikasi sebagai digital enabler yang dapat dimanfaatkan dalam rangka digital enabler adalah perangkat bergerak/aplikasi mobile, internet of things, social media, QR code dan sebagainya. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka pemasaran digital desa wisata harus memperhatikan bagaimana fungsi pemasaran digital dapat dicapai. digitalisasi pariwisata merupakan strategi penting dalam mempromosikan wisata melalui pendekatan digital yang berdampak pada pengembangan potensi wisata di suatu desa wisata. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1)desa wisata badean khususnya wisata Puncak Pakel sebagai digital marketing. wisata Puncak Pakel sendiri memanfaatan digital enabler sebagai media promosi dengan mengunakan atau mengoptimalkan media sosial seperti Insatgram, Facebook, Youtube, dan penggunaan aplikasi mobile jelajah desa. 2) Kendala yang dihadapi dari implementasi digital enabler sebagai media promosi wisata Puncak Pakel Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember ialah seperti kurang lengkapnya peralatan untuk menunjang dalam pembuatan vidio atau foto dalam promosi, dan Kurangnya antusias dan pemahaman warga sekitar wisata mengenai digitalisasi wisata.
Kata Kunci: Digital enabler,Promosi Wisata, Digital Marketing, Difusi inovasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Firdatus Sa'diyah
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:00
Last Modified: 10 Apr 2023 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22065

Actions (login required)

View Item View Item