Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Belajar Kitab Fathul Qoribdi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019

Fauzi, Fahrul (2019) Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Belajar Kitab Fathul Qoribdi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fahrul Fauzi_084 141 444.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan islam di Indonesia tidak bisa dipisahkan dari pondok pesantren yang merupakan lembaga pendidikan yang berbasis islam yang sampai saat ini keberadaannya masih tetap eksis ditengah-tengah masyarakat. Jumlah pesantren yang cukup besar dan terbersar di berbagai daerah dan pelosok tanah air telah banyak melahirkan sahamm dalam pembentukan manusia Indonesia yang relegius. Dengan kerelegiusannya pesantren mampu menjadi cikal bakal sistem pendidikan di Indonesia dengan corak dan karakter yang khas dianggap telah menjadi ikon masyarakat pribumi dalam memancangkan ideologi pendidikan di Indonesia. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan santri belajar membaca kitab Fathul Qorib tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan santri belajar memahami kitab Fathul Qoribtahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan santri belajar membaca dan memahami kitab Fathul Qoribtahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode sorogandalam meningkatkan kemampuan santri belajar membaca kitab Fathul Qoribtahun pelajaran 2018/2019. (2) Mendeskripsikan penerapan metode sorogandalam meningkatkan kemampuan santri belajar memahami kitabFathul Qoribtahun pelajaran 2018/2019. (3) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan santri belajar membaca dan memahami kitab kuning Fathul Qorib tahun pelajaran 2018/2019 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengadakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah : 1) Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Belajar Membaca Kitab Fathul Qorib di Lumajang yaitu santri belajar nahwu shorof yang di bimbing oleh dewan guru dan belajar secara kelompok diluar jam pelajaran, penerapannya yaitu maju satu persatu sesuai dengan nomer urut kemudian santri mengambil undian yang didalamnya berisi materi yang akan dibaca. 2) Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Belajar Memahami Kitab Fathul QoribLumajang santri itu sama-sama melakukan belajar bersama di luar jam pelajaran dengan ada orang atau ketua yang memimpinnya didepan dan kemudia santri juga di minta wali kelas untuk mengartikan, menafsirkan, dan menerjemahkan sebagai latihan dan bentuk bimbingan wali kelas. 3) Faktor Penghambat dan Pendukung Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Belajar Membaca dan Memahami Kitab Fathul Qoribdi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang yaitu dari faktor internal dan eksternal dari santri, selain itu santri juga mengemban jabatan atau tugas penjaga masjid dan organisasi yang digelutinya. Sedangkan pendukungnya yaitu sudah banyak disediakan beberapa kitab yang berkaitan dengan kitab Fathul Qorib seperti syarah Al-Bajuri dan lain sebagainya sehingga santri bisa mendalami pemahaman baik membaca atau memahami kitab Fathul Qorib.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:24
Last Modified: 10 Apr 2023 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22099

Actions (login required)

View Item View Item