Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019.

Badriyah, Lailatul (2019) Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Badriayah_084 141 315.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha yang sangat kompleks dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan siswa di SMA Negeri 1 Besuki bertujuan untuk menjadikan siswa berilmu sehingga dapat mengangkat derajat siswa. Sebab orang yang berilmu pengetahuan merupakan orang yang mulia di hadapan Allah. Metode hypnoteaching adalah metode pembelajaran yang dalam menyampaikan materi pelajaran, guru menggunakan teknik berkomunikasi yang sangat persuasif dan sugestif dengan tujuan agar peserta didik mudah memahami materi pelajaran dan guru memakai bahasa-bahasa bawah sadar yang bisa menumbuhkan keterkaitan tersendiri kepada anak didik. Dengan metode hypnoteaching ini, peserta didik akan mengikuti instruksi guru dengan suka rela, senang hati tanpa ada keterpaksaan dan memberikan motivasi kepada siswa dengan menggunakan teknik hypnosis. Oleh karena itu, SMA Negeri 1 Besuki adalah salah satu Sekolah Menengah Atas yang menerapkan metode hypnoteaching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun untuk metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Sedangkan pada metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Perencanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu guru mencantumkan langkah-langkah hypnoteaching di dalam RPP yang bertujuan supaya pembelajaran bisa lebih menyenangkan dan berjalan dengan efektif dan efisien, sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. 2. Pelaksanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu guru melaksanakan apa yang sudah dicantumkan dalam RPP termasuk di dalamnya adalah penggunaan metode hypnoteaching dan guru melakukan sesuai dengan langkah-langkah dalam metode hypnoteaching, yakni pacing, leading, memberikan pujian dan modeling. Serta unsur-unsur dalam metode hypnoteaching telah diterapkan oleh guru. 3. Evaluasi metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IPA dan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Besuki Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami materi yang sudah diajarkan atau diserap oleh siswa, dengan berbagai tehnik permainan dan mengetahui seberapa efektif metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI yang bisa diketahui dari hasil tes atau evaluasi dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:46
Last Modified: 10 Apr 2023 04:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22110

Actions (login required)

View Item View Item