Implementasi Komunikasi Organisasi dalam Kegiatan Dakwah untuk Memperbaiki Diri Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lumajang.

Choiroh, Muthi'atul (2017) Implementasi Komunikasi Organisasi dalam Kegiatan Dakwah untuk Memperbaiki Diri Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muthi’atul Choiroh_082141017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan tempat untuk melaksanakan pembinaan bagi narapidana dan anak didik Pemasyarakatan. Komunikasi organisasi sangat dibutuhkan untuk terlaksananya kegiatan pembinaan yang maksimal untuk mencapai suatu tujuan dan pelayanan yang memuaskan bagi warga binaan pemasyarakatan, serta menjadi Lembaga yang aman, tertib, bebas dari pungli, narkoba dan HP. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah Implementasi Komunikasi Organisasi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lumajang. 2) Apa saja Kegiatan Dakwah untuk Memperbaiki diri Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lumajang. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi komunikasi organisasi dalam kegiatan dakwah untuk memperbaiki diri Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui implementasi komunikasi organisasi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lumajang, ingin mengetahui kegiatan dakwah untuk memperbaiki diri Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lumajang, dan ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi komunikasi organisasi dalam kegiatan dakwah untuk memperbaiki diri Narapidana di Lembaga Pemaysarakatan Klas IIB Lumajang. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori organisasi yang akan membantu melihat proses komunikasi dalam organisasi, yaitu teori hubungan manusia milik Elton Mayo dan teori sistem sosial milik Katz dan Kahn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif agar hasil penelitian dapat dijelaskan secara jelas dan detail. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian Implementasi Komunikasi Organisasi dalam Kegiatan Dakwah untuk Memperbaiki diri Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lumajang menyimpulkan bahwa dengan adanya implemntasi komunikasi organisasi yang baik dapat memberikan hasil yang baik, diantaranya tugas dapat terlasana dengan baik dan tepat, kegiatan pembinaan dapat berjalan secara teratur/ istiqomah dalam proses memperbaiki diri narapidana, dan terciptanya pelayanan yang memuaskan serta bersih dari pungli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:53
Last Modified: 10 Apr 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22159

Actions (login required)

View Item View Item