Jannah, Mailatul (2015) Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda (MI) Kalisat Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mailatul Jannah_084 103 088.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak bagi suatu bangsa. Guru merupakan faktor yang sangat dominan dalam mensukseskan pendidikan. Oleh karena itu seyogyanya memiliki kompetensi yang bagus untuk mengembangkan siswanya secara utuh selain itu guru harus paham dan mampu menerapkan secara benar unsur-unsur yang ada didalam kompetensi guru, karena dalam unsur-unsur kompetensi guru tersebut, apabila seorang guru dapat menerapkannya dengan bagus maka kinerja guru terutama kinerja professional guru akan semakin optimal guna mengembangkan potensi peserta didik sesuai tujuan dari pendidikan. Adapun fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat tahun Pelajaran 2014/2015? 3) Bagaimana kompetensi kepribadian guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat tahun Pelajaran 2014/2015? 4) Bagaimana kompetensi sosial guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan bagaimana Kompetensi Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian kualitatif penjabaran hasil dari penelitian tidak berupa angka-angka akan tetapi berupa deskripsi tentang suatu kondisi ilmiah yang terjadi di lapangan atau objek penelitian. Penentuan informan menggunakan metode Purposive Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi interview dan dokumentasi. Dan teknik analisa datanya menggunakan Deskriptif Kualitatif serta keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat dapat peneliti ketahui dari guru diberi kebebasan dalam mengelola kelas disaat proses belajar mengajar asalkan mereka tidak melewti batasan-batasan yang sudah terdapat aturan dan tatanan. Sedangkan untuk kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat, dapat peneliti ketahui guru dikatakan profesional itu apabila sudah memiliki empat kriteria, yaitu pemahaman terhadap materi, semangat ddan disiplin, inovatif, jujur dan tanpa pamrih, dan tidak gagap teknologi. Salah satu kriteria di atas apabila dikontekstualisasikan dalam ranah kelembagaan adalah tidak bermalas-malasan dalam mengajar. Keprofesionalan seorang guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat sebagian besar sudah profesional. Karena sudah dikaitkan antara keseharian guru degan kriteria yang harus dimiliki untuk menjadi guru yang profesional. Begitu juga untuk kompetensi kepribadian guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat pemahaman terhadap agama yang bagus mereka juga memiliki kepribadian yang mantab, stabil, dewasa, dan berakhlak mulia, serta disiplin, arif dan memiliki kewibawaan sebagai tenaga pendidik. Dan untuk kompetensi sosial guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat, karena guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kalisat dalam menjalin hubungan antara peserta didik, semua pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali dan masyarakat luar terjalin bagus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 07:00 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 07:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22231 |
Actions (login required)
View Item |