Masfur, Mr (2015) Pelaksanaan Fungsi Manajemen Dalam Menigkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mr. Masfur_084 103 064.pdf Download (643kB) |
Abstract
Pelaksanaan Fungsi Manajemen Dalam MenigkatManajemen adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efesien.Fungsi manajemen merupakan suatu rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, dan pengawasan usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan agar efektif dan efesien. Adapun fokus penelitian ini adalah: (1). Bagaimana pelaksanaan fungsi perencanaan dalam menigkatkan kualitas pembelajaran di MA Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 ? (2). Bagaimana pelaksanaan fungsi pengorganisaian dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 ? (3). Bagaimana pelaksanaan fungsi pengelolaan dalam menigkatkan kualitas pembelajaran di MA Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 ? (4). Bagaimana pelaksanaan fungsi pengawasan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1). Pelaksanaan fungsi perencanaan dalam menigkatkan kualitas pembelajaran di MA Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 (2). Pelaksanaan fungsi pengorganisaian dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 (3). Pelaksanaan fungsi pengelolaan dalam menigkatkan kualitas pembelajaran di MA Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 (4). Pelaksanaan fungsi pengawasan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan untuk mencari informasi yang valid, maka peneliti mengunakan teknik purposive sampling. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Sedangkan untuk menganalisa data yang telah diperoleh menggunakan analisa data deskriptif reflektif, sedangkan untuk keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanakan fungsi perencanaan di MA Ibnu Kholdun adalah menciptakan kerja sama yang efektif dan berusaha mencapai tujuan yang direncanakan dengan mempertimbangkan tenaga kerja agar nanti perencanaan tersebut mudah dilaksanakan. (2) Pelaksanakan fungsi pengorganisasian di MA Ibnu Kholdun adalah kepala Madrasah memegang peranan penting dalam menentukan tugas-tugas kemudian membagi seluruh beban kerja atau tugas-tugas tersebut menjadi kegiatan yang dilaksanakan oleh perorangan atau kelompok sesuai dengan profesi dan bidangnya.(3) Pelaksanakan fungsi pengelolaan di MA Ibnu Kholdun adalah dengan melalui pengelolaan staf. Dalam pengelolaan staf ini tidaklah semua dapat dilaksanakan oleh lembaga ada sebagian yang masih dilaksanakan oleh pihak yayasan. (4) Pelaksanakan fungsi pengawasan di MA Ibnu Kholdun adalah menggunakan langsung yaitu dengan pengawasan sendiri dan tidak langsung yaitu tidak terlibat didalamnya melainkan dengan menunjuk salah seorang bawahan yang mampu mewakili sedangkan bila dilihat pelaksananya hanya menggunakan internal.an Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Ibnu Kholdun Puger Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 07:04 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 07:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22235 |
Actions (login required)
View Item |