Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bustanul Ulum Suci 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Yulia, Winy (2015) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bustanul Ulum Suci 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Winy Yulia_084 113 004.pdf

Download (884kB)

Abstract

Kepala Madrasah adalah pemimpin tertinggi di Madrasah, dimana di dalamnya terdapat beberapa komponen seperti : guru, siswa, staf personal lainnya. Kepala Madrasah mempunyai peran dalam suatu sistem pendidikan dan bertanggung jawab atas keprofesionalan para guru yang dipimpinnya. Untuk itulah kepala Madrasah harus benar-benar memiliki wawasan yang luas tentang tugasnya sebagai administrator, supervisor, maupun dalam melaksanakan tugas sebagai leader. Fokus penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana peran kepala Madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan profesionalisme guru MI Bustanul Ulum Suci 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana peran kepala Madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru MI Bustanul Ulum Suci 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ? 3) Bagaimana peran kepala Madrasah sebagai leader dalam meningkatkan profesionalisme guru MI Bustanul Ulum Suci 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1). Mendeskripsikan peran kepala Madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan profesioanlisme guru MI Bustanul Ulum Suci 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2). Mendeskripsikan peran kepala Madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru MI Bustanul Ulum Suci 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 3). Menganalisis peran kepala Madrasah sebagai leader dalam meningkatkan profesionalisme guru MI Bustanul Ulum Suci 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumenter terhadap data-data yang diperlukan. Metode analisis data dengan menggunakan deskriptif interaktif yang mempunyai langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) Peran Kepala Madrasah sebagai Administrator sudah mampu menjalankan perannya dengan cara memberikan pengarahan kepada bawahannya/stafnya untuk selalu berkoordinasi dan mengikutsertakan bawahannya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang menunjang keprofesional seorang pendidik. 2) Peran kepala Madrasah sebagai supervisor sudah dikatakan sesuai dengan tugasnya karena dalam melaksanakan perannya dengan terjun langsung untuk memberikan arahan, dan bimbingan untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dan peserta didik. 3) Peran kepala Madrasah sebagai leader sudah sesuai karena dalam menjalankan peran sebagai pemimpin memberikan contoh dan mampu menjadi teladan yang baik bagi tenaga pendidik dan peserta didik yang dipimpinnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 21:15
Last Modified: 11 Apr 2023 21:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item View Item