Mubarok, Yazid (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Manajemen Stres Siswa di SMP Al-Furqan 02 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Yazid Mubarok_084 103 084.pdf Download (2MB) |
Abstract
Saat ini bangsa Indonesia tengah mengalami perkembangan yang sangat kompleks akibat dari cepatnya informasi beredar, baik melalui media elektronik maupun media cetak. Dalam kondisi demikian masyarakat Indonesia akan selalu mengalami perubahan, baik yang ada dalam pedesaan maupun perkotaan. Pendidikan merupakan sumber kemajuan bangsa memiliki peran penting dalam menyaring segala bentuk informasi sehingga mampu mencetak peserta didik yang berkarakter baik.Namun, pada saat ini dinamika kebudayaan dan karakter bangsa mendapat sorotan yang tajam dari masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek kehidupan yang tersebar lewat media, wawancara, dan dialog-dialog lewat televisi. Selain lewat media massa banyak dari kalangan masyarakat seperti para ahli pendidikan, pengamat pendidikan, bahkan mahasiswa yang berada di dalam dunia akademisi tidak henti-hentinya membicarakan persoalan karakter bangsa yang saat ini mengalami kemerosotan.Faktor penyebab merosotnya karakter dan terjadinya kenakalan remaja tidak lepas dari kondisi psikologis remaja. Oleh karena itu, menjadi penting untuk membenahi karakter peserta didik dengan memahami kondisi psikologis peserta didik dan memanaj stres yang sedang dirasakannya sehingga membiasakannya berperilaku baik. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi iniadalah :(1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter nilai dasar kehidupan melalui manajemen stres siswa di SMP Al-Furqan 02 jember tahun Pelajaran 2014/2015 ?dan (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter nilai-nilai perilaku baik melalui manajemen stres siswa di SMP Al-Furqan 02 Jember tahun Pelajaran 2014/2015 ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter nilai dasar kehidupan melalui manajemen stres siswa di SMP Al-Furqan 02 Jember. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter nilai-nilai perilaku baik melalui manajemen stres siswa di SMP Al-Furqan 02 Jember. Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : (1)Implementasi pendidikan karakter nilai dasar kehidupan peserta didik terhadap manajemen stres telah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan melaksanakan ibadah siswa di sekolah. Siswa yang mengalami depresi karena mendapatkan musibah dan siswa yang merasa takut tidak naik kelas dan tidak lulus, diarahkan melakukan rutinitas-rutinitas ibadah seperti sholat sunnat dluha, sholat berjama’ah, menghafalkan al-Qur’an, dan ibadah-ibadah lainya. (2) Implementasi pendidikan karakter nilai perilaku baik peserta didik terhadap manajemen stres telah diterapkan dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya perasaan takut akan terkena hukuman membuat siswa lebih berhati-hati dalam bertingkah laku. Sehingga siswa yang takut terkena hukuman karena mencontek akan terbiasa berperilaku jujur, siswa yang takut akan pengawasan giri di sekolah dan orang tua di rumah akan membiasakannya untuk berperilaku tanggung jawab, dan dengan menagajarkan siswa berempati membantu siswa yang depresi karena mendapat musibah akan membiasakannya berperilaku peduli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 21:15 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 21:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22259 |
Actions (login required)
View Item |