Pengaruh unsur corporate governance dan kepemilikan institusional terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2017-2021

Putriningtias, Adelia (2023) Pengaruh unsur corporate governance dan kepemilikan institusional terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2017-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adelia Putriningtias_E20171051.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sebagai sektor penting perekonomian, perbankan dipercaya memiliki prospek yang cerah dimasa mendatang karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Dalam keberhasilan suatu perusahaan terdapat peran penting dari unsur corporate governance. Unsur ini seperti komisaris independen, direksi dan komite audit yang secara langsung berperan mengelola perusahaan. Dari beberapa bank yang sudah go-public memperlihatkan aanya penambahan unsur corporate governance akan tetapi nilai profitabilitasnya menurun. Selain dilihat dari unsur corporate governance, kepemilikan institusional dinilai juga berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan karena investor institusional memiliki fungsi sebagai monitoring yang dapat merubah struktur pengelolaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah unsur corporate governance dan kepemilikan institusional berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2017-2021.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh unsur corporate governance dan kepemilikan institusional secara parsial maupun secara simultan terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2017-2021.
penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data time series. teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dengan subyek penelitian berupa data sekunder. teknik penentuan sampel dengan purposive sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji asumsi klasik. sedangkan teknik uji validasi menggunakan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil pengujian data, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel unsur corporate governance yang diukur dengan indikator komisaris independen dan komite audit maupun variabel kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Sedangkan pengujian secara parsial unsur corporate governance yang diukur dengan indikator direksi memiliki pengaruh terhaap profitabilitas. Berdasarkan hasil pengujian simultan antara unsur corporate governance dan kepemilikan institusional terhadap profitabilitas terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Adelia Putriningtias
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:05
Last Modified: 13 Apr 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22270

Actions (login required)

View Item View Item