Sa'adah, Ulya Atus (2018) Hubungan Media Terhadap Pembelajaran Tematik Integrative. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ulya Atus Sa’adah_084144037.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media, Tematik Integrative Pendidikan mempunyai peran yang penting dalam menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup suatu bangsa serta menjadi tolak ukur kemajuan yang menjamin cermin kepribadian masyarakat serta fisik pendidikan adalah ujung tombak pembangunan nasional, bahkan dapat dikatakan bahwa maju mundurnya suatu bangsa dapat dilihat bagaimana kemajuan pendidikannya, baik dari segi sarana maupun mutunya. Dalam hal ini media pembelajaran adalah media yang mampu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran, yang memiliki fungsi utama sebagai alat bantu mengajar yang turut memepengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. Fokus penelitian ini adalah 1) Adakah hubungan penggunaan media berbasis cetakan terhadap pembelajaran tematik integrative yang dilakukan di MI Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 2) Adakah hubungan penggunaan media berbasis visual terhadap pembelajaran tematik integrative yang dilakukan di MI Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan hubungan penggunaan media berbasis cetakan terhadap pembelajaran tematik integrative yang dilakukan di MI Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 2) Mendeskripsikan hubungan penggunaan media berbasis visual terhadap pembelajaran tematik integrative yang dilakukan di MI Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penentuan sampel Stratifield Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah ; Observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan rumus : rxy = ( )( ) √ ( ( ) ( ) Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara umum bahwa: Ada hubungan media terhadap pembelajaran tematik integrative di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan kesimpulan secara khususnya adalah 1) Ada hubungan media berbasis cetakan terhadap pembelajaran tematik integrative di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2017/2018, 2) Ada hubungan media berbasis visual terhadap pembelajaran tematik integrative di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 21:37 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 21:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22418 |
Actions (login required)
View Item |