Implementasi Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Amalia, Deka Hevy (2017) Implementasi Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Deka Hevy Amalia_084 134 043.pdf

Download (8MB)

Abstract

MI Salafiyah Syafi’iyah salah satu lembaga yang menerapkan metode role playing dalam membentuk akhlak siswa kelas IVa pada mata pelajaran akidah akhlak. Dalam dunia pendidikan saat ini, akhlak adalah segala sesuatu yang sangat dibutuhkan dan diterapkan. Perhatian menginggat pada tingkatan membentuk akhlak yang harus dikuasai siswa di mulai pada kelas IV maka implementasi metode ini digunakan untuk memaksimalkan pembelajaran sehingga siswa aktif saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IVa Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018?, 2) Bagaimana pelaksanaan metode role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IVa Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018, 3) Bagaimana evaluasi metode role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IVa di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syasfi’iyah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan metode role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IVa di MI Salafiyah Syafi’iyah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IVa di MI Salafiyah Syafi’iyah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018, 3) Mendeskripsikan evaluasi metode role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IVa di MI Salafiyah Syafi’iyah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian metode role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IVa yaitu: 1) dengan menyusun Prota, Promes, Silabus dan RPP. Akan tetapi lebih dikembangkan dalam RPP dengan menggunakan metode role playing sehingga setiap siswa dapat menumbuhkan akhlak yang telah dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. 2) Pelaksanaan metode Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IVa yaitu: guru memberikan skenario pada tiap kelompok kepada semua siswa, guru membagi tiap kelompok terdiri dari 5 anggota siswa, guru membagikan peran tiap kelompok yang berbeda tiap siswa, guru memberikan waktu latihan sebelum pelaksanaan metode role playing, guru memilih secara acak tiap kelompok untuk mempraktekkan di depan kelas secara bergantian, kelompok yang mempraktekkan di depan kelas dan audiens yang digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix memperhatikan, mengamati dan menilai kelompok temannya sendiri yang mempraktekkan di depan kelas, guru memberikan kesimpulan secara umum, setelah itu evaluasi. 3) Evaluasi metode Role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IVa yaitu: evaluasi proses dan evaluasi hasil siswa lebih memahami dan mengerti dari proses dapat menanamkan akhlak siswa siswi dalam kehidupan sehari- hari dari kisah Siti Masyitah dapat menumbuhkan akhlak terpuji yaitu sabar, tolong menolong, tabah dalam menghadapi cobaan sedangkan evaluasi hasil dapat dilihat dari nilai tugas, ulangan harian dan nilai ujian semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:38
Last Modified: 13 Apr 2023 21:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22447

Actions (login required)

View Item View Item