Fermansyah, Didik (2017) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Emotional Spiritual Quotient di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Didik Fermansah_084134079.pdf Download (9MB) |
Abstract
Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Emotional Spiritual Quotient ini sebagai wadah pendidikan yang lebih baik dan lebih signifikan pada saat zaman yang penuh tantangan globalisasi dan menipisnya moral generasi bangsa sekarang ini. Melalui revitalisasi dan penekanan karakter berbasis Emotional Spiritual Quotient di berbagai lembaga pendidikan, baik informal, maupun nonformal; diharapkan bangsa Indonesia bisa menjawab serta menciptakan generasi yang unggul dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang semakin rumit dan kompleks. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah Perencanaan Pendidikan Karakter Berbasis Emotional Spiritual Quotient di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimanakah Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Emotional Spiritual Quotient di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimanakah Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis Emotional Spiritual Quotient di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Pendidikan Karakter Berbasis Emotional Spiritual Quotient di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Emotional Spiritual Quotient di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis Emotional Spiritual Quotient di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Ciri-ciri dari penelitian deskriptif adalah titik berat pada observasi dan suasana alamiah (naturalistis setting) dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama, bahwa dalam perencanaan, kepala sekolah dan guru telah membuat program sekolah berupa pembiasaan dan budaya sekolah yang berkaitan dengan nilai religius, jujur, tekun, disiplin, peduli dan tanggungjawab. Kedua, pelaksanaan program sekolah berupa pembiasaan dan budaya sekolah yang berkaitan dengan nilai religius, jujur, tekun, disiplin, dan peduli/tanggungjawab adalah dengan 1) Mewajibkan siswa untuk shalat dhuha berjamaah di masjid sekolah guna melatih sikap religius siswa; 2) Menekankan pada siswa untuk tidak mencontek saat ulangan guna melatih sikap jujur siswa; 3) Melarang siswa untuk meninggalkan kelas saat pelajaran berlangsung guna melatih sikap tekun pada siswa supaya dapat menyimak pelajaran dengan seksama; 4) Menekankan pada siswa untuk melaksanakan piket sesuai jadwal guna melatih sikap disiplin siswa dan kerjasama; 5) Mewajibkan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya guna melatih sikap peduli dan tanggungjawab siswa kepada sesama. Ketiga, evaluasi program sekolah berupa mengadakan dewan kelas secara rutin, komunikasi wali kelas kepada orang tua secara intensif melalui buku monitoring, pendampingan secara agama (mentoring) dan akademik, tausiyah, dan menjalin kedekatan antara guru dengan siswa guna menggali masalah siswa. Dalam penilaian karakter terkait waktu pembelajaran belum begitu rinci dan detail untuk itu diperlukan upaya suatu teknik penilaian dalam mengevaluasi nilai- nilai karakter di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Riyadlul Qori’in.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 21:38 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 21:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22449 |
Actions (login required)
View Item |