Wahab, Roni Abdul (2015) Manajemen Pembelajaran PAI di SMP Ar-Raudlah Karangpring Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Roni Abdul Wahab_084 101 235.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam pandangan ajaran Islam, segala sesuatu harus dilakukan secara rapi, benar, tertib, dan teratur. Proses-prosesnya harus diikuti dengan baik. Sesuatu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Maka, manajemen pembelajaran akhlak disini tidak lepas dari sebuah perencanaan, perencanaan adalah sebuah proses perdana ketika hendak melakukan pekerjaan baik dalam bentuk pemikiran maupun kerangka kerja agar tujuan yang hendak dicapai mendapatkan hasil yang optimal. Demikian pula halnya dalam pendidikan Islam perencanaan harus dijadikan langkah pertama yang benar-benar diperhatikan oleh para manajer dan para pengelola pendidikan Islam. Sebab perencanaan merupakan bagian penting dari sebuah kesuksesan, kesalahan dalam menentukan perencanaan pendidikan Islam akan berakibat sangat fatal bagi keberlangsungan pendidikan Islam. Adapun persoalan-persoalan yang sedang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pembelajan akhlak, diantaranya : Sumber daya guru, minimnya guru yang ikut pelatihan, sehingga dalam penyampaian informasi kepada guru lainnya tidak sesuai dengan tujuan penerapan materi diniyah pada mata pelajaran PAI,, adaptasi peserta didik terhadap metode penerapan materi diniyah membutuhkan waktu yang sangat panjang. Fokus penelitian dalam sikripsi ini adalah Bagaimana manajemen pembelajaran akhlak dalam merancang pembelajaran, dalam menentukan pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran, dalam mengevaluasi manajemen pembelajaran di SMP Ar-Raudlah tahun 2013/2014? Sikripsi ini bertujuan untuk Mendiskripsikan manajemen pembelajaran akhlak dalam merancang pembelajaran, dalam menentukan pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran, dalam mengevaluasi penerapan materi diniyah pada mata pelajaran PAI di SMP Ar-Raudlah tahun 2013/2014 Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dala sekripsi ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi.dari data yang sudah terkumpul selanjutnya di analisis dengan mengunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penaikan kesimpulan serta data yang dianalisis dengan teknis triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan manajemnen pembelajaran PAI di SMP Ar-Raudlah tahun pelajran 2013/2014 yaitu: (1) Dalam manajemen pembelajaran PAI, kurangnya fasilitas atau sarana prasarana pembelajaran. Guru yang masih butuh adaptasi terhadap pembelajaran ini. Serta SDM guru dalam merancang atau merencanakan pembelajaran masih kurang maksimal. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI yaitu pertama, perlunya adaptasi sesama guru guna untuk memahami tentang pembelajaran PAI. Adaptasi siswa, dan fasilitas yang kurang memadai. (3) Dalam evaluasi pembelajaran PAI, hususnya dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa di SMP ArRaudlah masih akan dilaksanakan semester yang akan datang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 21:39 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 21:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22482 |
Actions (login required)
View Item |