Pengaruh Metode Muroja’ah Terhadap Hafalan alQur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Camelia, Farrah (2018) Pengaruh Metode Muroja’ah Terhadap Hafalan alQur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Farrah Camelia_084 141 287.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Muroja’ah dan Hafalan al-Qur’an Antusiasme umat Islam untuk menghafalkan al-Qur’an didorong atas keistimewaaan yang Allah janjikan kepada penghafalnya. Kendala yang dialami oleh penghafal al-Qur’an, seperti hafalan yang mudah pudar, banyaknya jumlah ayat yang dihafal, kemiripan ayat dan pola pengulangan suatu ayat baik dalam satu surat maupun dalam surat lain. Masalah tersebut menarik peneliti untuk mengkaji pengaruh metode murojaah terhadap hafalan al-Qur’an. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh metode muroja’ah terhadap hafalan al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah untuk meneliti adanya pengaruh metode muroja’ah terhadap hafalan alQur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir yang berjumlah 75 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data utama menggunakan angket tertutup, dengan skala pengukuran instrumen berbentuk skala likert. Analisis data yang digunakan adalah product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Hasil nilai r hitung sebesar 0,456 dan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% adalah sebesar 0,232 yang berarti r hitung > r tabel (0,456 > 0,232), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh positif yang cukup signifikan metode muroja’ah terhadap hafalan al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:40
Last Modified: 13 Apr 2023 21:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22489

Actions (login required)

View Item View Item