Hosnia, Kholifatul (2018) Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Kholifatul Hosnia_084141169.pdf Download (8MB) |
Abstract
Karakter menjadi hal yang fundamental dalam dunia pendidikan, dalam menerapkan pendidikan karakter di sekolah itu sangat di butuhkan budaya positif yang di biasakan dalam kegiatan sehari-hari, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana penerapan karakter Kejujuran di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana penerapan pendidikan karakter Nasionalis di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter kejujuran di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter nasionalis di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan jenis study kasus untuk menganalisa, mengambil data, mengambil makna, dan memperoleh pemahaman dari kasus tersebut sesuai dengan fokus penelitian yang di lakukan oleh peneliti. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi pasif partisipan, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) penerapan pendidikan karakter religius dengan melakukan pembiasaan yaitu sholat wajib dan sholat sunnah berjamaah, membaca Al-qur’an, pengajian rutin dan kesopanan. 2) penerapan pendidikan karakter kejujuran identik dengan kegiatan waktu ujian yang dituntut untuk jujur, tidak berbuat curang seperti mencontek, selain itu ada keunikan lain seperti pembiasaan untuk tidak menghasab sepatu dan sandal. 3) penerapan pendidikan karakter nasionalis diterapkan dalam berbagai kegiatan seperti upacara bendera, upacara di kegiatan-kegiatan tertentu seperti hari santri, hari guru, hari kebangkitan pancasila dan upacara 17 Agustus. Selain itu karakter nasionalis juga di terapkan pada hari jum’at dan sabtu siswa dan siswi di biasakan untuk memakai asduk, walaupun tidak di wajibkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:31 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22536 |
Actions (login required)
View Item |