Firlia, Lustiana (2018) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Silo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Lustiana Firlia_084141387.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kreativitas sangatlah penting untuk pertumbuhan dan keberhasilan pribadi. Ditinjau dari segi manapun, kebutuhan kreativitas sangatlah penting. Kreativitas guru sangat diperlukan apalagi guru pendidikan agama islam supaya dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik, pemahaman dan keterampilan dalam mengkombinasikan suatu yang sudah ada dengan ide yang baru yang bersifat kreatif untuk dapat meningkatkan dan melatih kemandirian belajar siswa. Maka penulis tertarik mengkaji hal tersebut, selain itu banyak sekali perannya kreativitas untuk kemandirian belajar siswa. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kreativitas guru PAI pada saat pra pembelajaran dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SMPN 4 Silo Jember?, 2) Bagaimanakah kreativitas guru PAI pada saat pembelajaran dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SMPN 4 Silo Jember?, 3) Bagaimanakah kreativitas guru PAI pada saat pasca pembelajaran dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SMPN 4 Silo Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kreativitas guru PAI pada saat Pra pembelajaran dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SMPN 4 Silo Jember. 2) Mendeskripsikan kreativitas guru PAI pada saat pembelajaran dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SMPN 4 Silo Jember. 3) Mendeskripsikan kreativitas guru PAI Pasca pembelajaran dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SMPN 4 Silo Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dan peneliti memilih SMP Negeri 4 Silo Jember sebagai lokasi penelitian. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi terus terang dan samar, interviu semi terstruktur dan metode dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan Miles and Huberman, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Peneliti telah memperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Kreativitas guru PAI pada saat Pra pembelajaran bahwa guru PAI membuat RPP, namun tidak menganalisis KI/KD dan belum mempersiapkan administrasi pembelajaran dengan baik. Akan tetapi dalam pelaksanaannya guru menguasai kelas, memilah dan mengkombinasikan metode dalam mengajarkan siswa untuk belajar mandiri. 2) Kreativitas guru PAI pada saat pembelajaran dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SMPN 4 Silo dibuktikan dengan bervariasinya metode yang digunakan PAI. Selain itu, siswa dilatih untuk berani tampil di depan dengan percaya diri yaitu dengan simbol Every One is Teacher (Setiap orang jadi guru). melatih siswa untuk keterampilan bertanya, mengajarkan siswa untuk berani bertanya. 3) Kreativitas guru PAI Pasca pembelajaran dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SMPN 4 Silo dibuktikan dengan adanya evaluasi menggunakan tes tulis, unjuk kerja dan tes lisan. Selain itu, guru PAI melatih siswa untuk terampil bertanya, mengajarkan siswa untuk berani bertanya. Tujuannya adalah untuk melatih kepercayaan diri siswa dalam bertanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:30 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22539 |
Actions (login required)
View Item |