Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fikih Yang Belum Tersertifikasi Di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018.

Hs, Abdurrozi (2019) Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fikih Yang Belum Tersertifikasi Di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdurrozi Hs_084 148 004.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam pembangunan nasional yang dijadikan andalan utama dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia. Keunikan dari guru mata pelajaran fikih belum tersertifikasi namun, memiliki kompetensi, baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi personal, dan kompetensi sosial yang memenuhi standar sertifikasi guru. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember (2) Bagaimana kompetensi profesional guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember (3) Bagaimana kompetensi personal guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember (4) Bagaimana kompetensi sosial guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember (2) Mendeskripsikan kompetensi profesional guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember (3) Mendeskripsikan kompetensi personal guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember (4) Mendeskripsikan kompetensi sosial guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif. Jenis penelitiannya deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purporsive dan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: Kompetensi pedagogik guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember, yaitu kemampuan memahami karakter peserta didik dan pengelolaan pembelajaran meliputi perencanaan, membuat RPP, prota, promes, melakukan pembelajaran dengan baik dan melakukan evaluasi dengan tes tulis dan lisan (2) Kompetensi profesional guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember, yaitu menguasai materi pembelajaran dengan memakai metode yang bervariasi seperti ceramah, Tanya jawab dan demontrasi serta di dukung liniernya jenjang pendidikan dengan mata pelajaran yang di ajarkannya (3) Kompetensi personal guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember yaitu mempuyai kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, adil, jujur, sabar, dewasa, arif, berwibawa dan disiplin (4) Kompetensi sosial guru mata pelajaran fikih yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Nurul Ali Ledokombo Jember, yaitu mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa, guru-guru yang lain, kepala Madrasah, orang tua siswa dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:07
Last Modified: 16 Apr 2023 09:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22579

Actions (login required)

View Item View Item