Implementasi Program Iqro Bil Qolam dengan Metode Follow The Line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.

Ahmad, Alif Vigils Habibullah (2018) Implementasi Program Iqro Bil Qolam dengan Metode Follow The Line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alif Vigils Habibullah Ahmad_084 131 208.pdf

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kalamullah (kitab suci) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai mukjizat yang terbesar, setiap manusia dituntut untuk dapat membaca dan menulis agar memiliki pengetahuan yang luas. Seiring berjalannya waktu muncul kesadaran bahwa mampu membaca Al-Qur’an saja tidak cukup untuk meningkatkan kualitas dan perilaku kaum pelajar, berangkat dari kondisi keprihatinan ini maka diterapkanlah program Iqro bil Qolam, yaitu AlQur’an tulis dengan metode Follow the line (mengikuti garis), untuk menjembatani yang tidak mampu membaca, tidak mampu menulis, dan bahkan mungkin takut dengan Al-Qur’an. Fokus penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan program Iqro Bil Qolam dengan metode follow the line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan program Iqro Bil Qolam dengan metode follow the line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi program Iqro Bil Qolam dengan metode follow the line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2018/2019? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan program Iqro Bil Qolam dengan metode follow the line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan program Iqro Bil Qolam dengan metode follow the line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2018/2019 3) Mendeskripsikan Evaluasi program Iqro Bil Qolam dengan metode follow the line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Analisis data secara teknik interaktif, model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu trianggulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan program Iqro bil Qolam dengan metode follow the line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso yaitu sebagai sekolah yang mencetak karaker Qur’ani melalui program Iqro bil Qolam dengan metode follow the line yang berpacu pada program tahunan dan program semester. 2) Pelaksanaan program Iqro bil Qolam dengan metode follow the line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bndowoso yaitu pelaksanaan kegiatan yang membudayakan menulis Al-Qur’an dengan metode follow the line dan dilaksanakan setiap hari 15-20 menit sebelum jam pertama dimulai dengan target 5 juz pertahun. 3) Evaluasi program Iqro bil Qolam dengan metode follow the line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso yaitu diadakan secara langsung saat peserta didik menulis Al-Qur’an dengan melihat keterampilan dan kesabaran, ketelitian menulis peserta didik serta evaluasi diadakan secara keseluruhan dilihat dari rekapan ketuntasan dalam jurnal Iqro’ bil Qolam sebagai persyaratan pengambilan raport semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:07
Last Modified: 16 Apr 2023 09:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22580

Actions (login required)

View Item View Item