Iswari, Agustin Widya (2018) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Dasadarma Pramuka Pada Siswa Di Gugus Depan Jember 03.105-03.106 Pangkalan SMK Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Agustin Widya Iswari_084141278.pdf Download (5MB) |
Abstract
Gugus Depan SMKN 4 Jember menerapkan nilai-nilai agama Islam dalam kegiatan Kepramukaannya. Kegiatan-kegiatan tersebut salah satunya adalah Sholat Ashar berjamaah dan bakti sosial. Namun ketika anggota Pramuka melakukan kegiatan outdoor/perkemahan, tak jarang mereka meninggalkan salah satu sholat lima waktu. Hal tersebut tentu tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah : 1) Bagaimana Internalisasi nilai-nilai kebenaran dalam Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Dasadarma Pramuka pada siswa SMKN 4 Jember tahun pelajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana Internalisasi nilai-nilai kebaikan dalam Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Dasadarma Pramuka pada siswa SMKN 4 Jember tahun pelajaran 2017/2018?, 3) Bagaimana Internalisasi nilainilai keindahan dalam Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Dasadarma Pramuka pada siswa SMKN 4 Jember tahun pelajaran 2017/2018?, Tujuan penelitian adalah : 1) Mendeskripsikan Internalisasi nilai-nilai kebenaran dalam Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Dasadarma Pramuka pada siswa SMKN 4 Jember tahun pelajaran 2017/2018?, 2) Mendeskripsikan Internalisasi nilai-nilai kebaikan dalam Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Dasadarma Pramuka pada siswa SMKN 4 Jember tahun pelajaran 2017/2018?, 3) Mendeskripsikan Internalisasi nilai-nilai keindahan dalam Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Dasadarma Pramuka pada siswa SMKN 4 Jember tahun pelajaran 2017/2018?, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu : Observasi (participan observation), wawancara dan dokumentasi. Analisis data teknik model Miles and Huberman dengan langkah-langkah : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu : triangulasi sumber. Hasil penelitiannya adalah : 1) Internalisasi nilai-nilai kebenaran melalui penerapan Dasadarma Pramuka SMK Negeri 4 Jember yaitu dengan menerapkan program-program keagamaan seperti Sholat Ashar berjamaah, Khotmil Qur’an dan Doa bersama., 2) Internalisasi nilai-nilai kebaikan melalui penerapan Dasadarma Pramuka oleh anggota Gugus Depan SMK Negeri 4 Jember yaitu dengan melaksanakan program Mustegak, Kas Ambalan, dan Pengembaraan, sedangkan dalam kehidupan sehari-hari mereka menerapkannya dengan mengikuti upacara bendera, menghargai lambang Negara, bersikap sopan dan santun, rajin dalam beribadah, disiplin, bertanggung jawab serta berusaha menjaga amanah., 3) Internalisasi nilai-nilai keindahan melalui penerapan Dasadarma Pramuka di SMK Negeri 4 Jember yaitu dengan menerapkan program penanaman pohon, Bank sampah, penggalangan dana dan kunjungan Ikamapra. Selain itu anggota Gugus Depan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mengedepankan sikap saling menghargai antar sesama manusia, saling tolong menolong, selalu berfikir positif, tidak berkata kotor dan selalu berbuat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 16 Apr 2023 09:08 |
Last Modified: | 16 Apr 2023 09:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22591 |
Actions (login required)
View Item |