Implementasi Pembelajaran PAI pada Siswa Tunarungu Jenjang Sekolah Menengah Pertama di SLB-B & Autis TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Darmawan, Mahrus (2018) Implementasi Pembelajaran PAI pada Siswa Tunarungu Jenjang Sekolah Menengah Pertama di SLB-B & Autis TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mahrus Darmawan_084 141 369.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan agama merupakan bagian terpenting yang harus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa. Pembelajaran Pendidikan agama Islam harus dilaksanakan secara efektif dan efisien baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya, dari hal tersebut akan memberikan kontribusi dalam menjaga moral anak bangsa Indonesia. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI pada siswa tunarungu jenjang sekolah menengah pertama di SLBB & Autis TPA Bintoro tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI pada siswa tunarungu jenjang sekolah menengah pertama di SLBB & Autis TPA Bintoro tahun pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI pada siswa tunarungu jenjang sekolah menengah pertama di SLBB & Autis TPA Bintoro tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran PAI pada siswa tunarungu jenjang sekolah menengah pertama di SLB-B & Autis TPA Bintoro. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI pada siswa tunarungu jenjang sekolah menengah pertama di SLB-B & Autis TPA Bintoro. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran PAI pada siswa tunarungu jenjang sekolah menengah pertama di SLB-B & Autis TPA Bintoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Perencanaan pembelajaran PAI pada siswa tunarungu jenjang sekolah menengah pertama di SLB-B & Autis TPA Bintoro sama seperti pada umumnya, perencanaan pembelajaran berupa pembuatan silabus dan RPP, akan tetapi dalam pembuatannya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa sehingga guru lebih menyederhanakan pembuatannya. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI pada siswa tunarungu jenjang sekolah menengah pertama di SLB-B & Autis TPA Bintoro, yaitu mengacu pada kurikulum 2013 dalam pelaksanaannya sama seperti halnya mata pelajaran pada umumnya, akan tetapi metode, materi dan medianya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa, guru mengkomunikasikan materinya dengan bahasa sederhana dan isyarat sehingga siswa mampu memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. 3) Evaluasi pembelajaran PAI pada siswa tunarungu jenjang sekolah menengah pertama di SLB-B & Autis TPA Bintoro yaitu evaluasi yang berupa penilaian tes dan non tes, penilaian tes meliputi ujian harian, ujian tengah semester, ujian semester, dan ujian praktek yang dalam pembuatannya disesuaikan dengan kemampuan siswa tunarungu baik dari tingkat kesukaran dan tipe soalnya., sedangkan penilaian non tes meliputi penilaian guru terhadap sikap dan kedisiplinan siswa dalam kelas serta sholat dzuhur berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:41
Last Modified: 17 Apr 2023 04:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22680

Actions (login required)

View Item View Item