Peran Wali Kelas dalam Mengaplikasikan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ke-Agamaan Untuk Menciptakan Karakter Peduli Sosial Siswa Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.

Darojah, Muhammad Rofi (2023) Peran Wali Kelas dalam Mengaplikasikan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ke-Agamaan Untuk Menciptakan Karakter Peduli Sosial Siswa Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ROFI DAROJAH_T20191251.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Peran Wali Kelas, Praktik Kerja Lapangan ke-Agamaan, Karakter Peduli Sosial Pembelajaran menjadi sebuah hal penentu dalam mencapai sebuah tujuan pendidikan, oleh karena itu dalam menyusun sebuah pembelajaran guru dituntut untuk mampu mengembangkan proses pembelajaran agar lebih aktif dan kreatif. Salah satu inovasi pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan bersosial siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso ialah melalui program kegiatan Praktek Kerja Lapangan ke-Agamaan (PKL-A) yang memiliki tujuan untuk menciptakan karakter peduli sosial siswa. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana Peran Wali Kelas Sebagai Motivator dalam Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ke-Agamaan untuk Menciptakan Karakter Peduli Sosial Siswa Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso (2) Bagaimana Peran Wali Kelas Sebagai Mediator dalam Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ke-Agamaan untuk Menciptakan Karakter Peduli Sosial Siswa Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. (3) Bagaimana Peran Wali Kelas Sebagai Fasilitator dalam Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ke-Agamaan untuk Menciptakan Karakter Peduli Sosial Siswa Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan penentuan subjek penelitian purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana yang meliputi: Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Hasil Penelitian ini yaitu: (1) Peran wali kelas sebagai motivator dalam kegiatan PKL-A untuk menciptakan karakter peduli sosial siswa MAN Bondowoso telah diterapkan dengan baik yang dapat dilihat oleh siswa semakin semangat selama proses pelaksanaan PKL-A. (2) Peran wali kelas sebagai mediator dalam kegiatan PKL-A untuk menciptakan karakter peduli sosial siswa MAN Bondowoso telah diterapkan dengan baik, yang dapat dilihat dari bentuk kerja sama lembaga dengan masyarakat yang mampu menyukseskan program PKL-A. (3) Peran wali kelas sebagai fasilitator dalam kegiatan PKL-A untuk menciptakan karakter peduli sosial siswa MAN Bondowoso telah diterapkan dengan baik, yang dapat dilihat melalui upaya wali kelas dalam memfasilitasi siswa selama pelaksanaan PKL-A.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rofi Rofi Rofi
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:46
Last Modified: 17 Apr 2023 05:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22692

Actions (login required)

View Item View Item