Implementasi Pendidikan Akhlak Terpuji Oleh Orang Tua Bagi Anak dalam Keluarga Pemulung di Desa Curahmalang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Masruroh, Quthrotul (2015) Implementasi Pendidikan Akhlak Terpuji Oleh Orang Tua Bagi Anak dalam Keluarga Pemulung di Desa Curahmalang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Quthrotul Masruroh_084111039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan akhlak dalam paradigma islam merupakan pendidikan yang utama yang sangat dibutuhkan bagi anak, dimana hal tersebut secara langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan anak. Pada kehidupan keluarga, orang tua pada umumya mengharapkan anaknya tumbuh dan berkembang menjadi anaknya menjadi generasi penerus yang baik dan bisa mengamalkan nilai-nilai akhlak yang menjadi misi utama kerasulan Muhammad SAW. Kegelisahan para orang tua yang tidak seimbang dengan keadaan ekonomi maupun pendidikan orang para orang tua ini luput dari perhatian dari pemerintah, sehingga para orang tua kesulitan dalam memberikan pendidikan yang layak kepada anak lebih khususnya terhadap keluarga pemulung. Yang mana pendidikan orang tua masih sangat rendah. Bagaimana orang tua bisa menanamkan nilai- nilai akhlak terpuji jika orang tua masih memiliki pendidikan yang rendah? akan tetapi dengan pengalaman hidup yang keras itulah yang mampu memberikan tekat kepada para orang tua bahwa pendidikan akhlak harus diterapkan lanjut dan mendalam, karena akhlak itu sendiri merupakan tumpuan perhatian pertama hidup beragama. Sesuai dengan latar belakang tersebut fokus masalah yang akan di teliti adalah bagimana implementasi pendidikan akhlak terpuji oleh orang tua bagi anak dalam keluarga pemulung di Desa Curahmalang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? Bagaimana implementasi pendidikan akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama dan akhlak kepada lingkungan oleh orang tua bagi anak dalam keluarga pemulung di desa curahmalang kecamatan rambipuji kabupaten jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan akhlak terpuji oleh orang tua bagi anak dalam keluarga pemulung di desa curahmalang kecamatan rambipuji kabupaten jember. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif sedangkan jenis penelitianyan adalah fild research. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumberdan teknik. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi pendidikan akhlak terpuji oleh orang tua bagi anak dalam keluarga pemulung di Desa Curahmalang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember sudah relevan. Hal ini karena banyaknya orang tua yang sadar akan tanggung jawab pendidikan anak-anaknya khususnya yang menyangkut pendidikan agama islam.akhlak terpuji ini di tanamkan melalui berbagai cara yakni, menerapkan cinta kepada Allah dengan cara Sholat, bertaqwa kepada Allah, dan bersifat ikhlas. Kemudian akhlak kepada manusia di dilakukan dengan cara menumbuhkan rasa kasih sayang, rasa persaudaraan dan saling memaafkan. Akhlak kepada lingkungan dilakukan dengan cara memlihara dan menyayangi binatang dan melestarikan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:09
Last Modified: 18 Apr 2023 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22720

Actions (login required)

View Item View Item