Kurniasari, Ayu Tri Putri (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama Melalui Pendidikan Non-Formal di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ayu Tri Putri Kurniasari_T20151074.pdf Download (5MB) |
Abstract
Meskipun di Desa Benculuk sangat beragam baik suku, bahasa dan agama namun iklim interaksi sosial di sana sangat toleran. Hal itu tidak lepas dari para tokoh agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi melalui pendidikan non-formal khususnya Forum Pemuda-Pemudi Benculuk, Anjangsana Dan Majelis Ta’lim. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama Melalui Pendidikan Non-Formal di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana bentuk internalisasi nilai-nilai toleransi beragama melalui pendidikan non-formal di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi beragama melalui pendidikan non-formal di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi? (3) Bagaimana implikasi dari internalisasi nilai-nilai toleransi beragama melalui pendidikan non-formal di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi? Tujuan penelitian meliputi: (1) medeskripsikan bentuk internalisasi nilainilai toleransi beragama melalui pendidikan non-formal di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. (2) medeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi beragama melalui pendidikan non-formal di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. (3) medeskripsikan implikasi dari internalisasi nilai-nilai toleransi beragama melalui pendidikan non-formal di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field researct). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Miles Huberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Proses internalisasi nilai-nilai toleransi beragama melalui pendidikan non-formal di desa benculuk kecamatan cluring kabupaten banyuwangi terdapat beberapa pembinaan yang dilakukan oleh tokoh agama yang sekaligus menjadi pengurus pada lembaga-lembaga non-formal (forum pemuda-pemudi benculuk, anjangsana dan majelis ta’lim) bentuknya pertama tidak memaksakan suatu agama pada orang lain, saling menghormati dan menghargai keyakinan orang lain, ketiga hidup rukun tidak saling mengganggu umat agama lain, keempat kerjasama dan tolong menolong antarumat beragama. (2) Faktor pendukung dari internalisasi nilai-nilai toleransi beragama yakni para pengurus sangat giat dalam melaksanakan kegiatan acara rutinan, anjangsana maupun pengajian, adanya kekompakan dan adanya sifat toleransi diantara para peserta kegiatan rutinan, anjangsana maupun pengajian. Sedangkan faktor penghambatnya masih ada pengurus dan anggota yang tidak masuk saat kegiatan karena kesibukan masing-masing. (3) Dampak positif internalisasi nilai-nilai toleransi beragama yakni tercipta suasana yang rukun, hubungan interaksi seharihari lancar dan saling gotongroyong, tolong menolong tanpa melihat latar belakang, sedangkan dampak negatifnya munculnya orang-orang yang mempunyai sifat toleransi kebablasan, hal itu malah akan berdampak negatif dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 04:19 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 04:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22725 |
Actions (login required)
View Item |