Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Islam Andalas Kota Probolinggo Tahun 2017/2018

Junaidi, Moch. Iryanto (2018) Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Islam Andalas Kota Probolinggo Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Iryanto Junaidi_084 133 042.pdf

Download (5MB)

Abstract

Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah suatu perencanaan, pengorganisasian bahan pustaka dalam meningkatkan hasil belajar siswa supaya peserta didik bisa mempunyai prestasi yang tinggi dalam pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses manajemen perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa di SMP Islam Andalas Kota Probolinggo tahun 2017/2018? 2) Bagaimana proses manajemen perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar afektif siswa di SMP Islam Andalas Kota Probolinggo Tahun 2017/2018? 3) Bagaimana proses manajemen perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotorik siswa di SMP Islam Andalas Kota Probolinggo Tahun 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana manajemen perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa di SMP Islam Andalas Kota Probolinggo Tahun 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar afektif siswa di SMP Islam Andalas Kota Probolinggo Tahun 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana manajemen perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotorik siwa di SMP Islam Andalas Kota Probolinggo Tahun 2017/2018. Penelitian mengunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan penelitian adalah deskriptif. Dengan lokasi penelitian di SMP Islam Andalas Desa Kanigaran Kota Probolinggo Kec Kanigaran. Subyek penelitian menggunakan sumber data primer (informan). Penentuan penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisa data: analisa deskriptif. Keabsahan data: triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perpustakaan sekolah menyediakan bahan pustaka baik berupa buku ataupun non buku yang diorganisisir sehingga membantu peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. 2) Perpustakaan sekolah menyediakan berbagai sumber belajar sebagai upaya meningkatkan kualitas proses belajar dan hasilnya disertai penekanan pada aspek etika dan moral. 3) Perpustakaan sekolah menjadi fasilitator antara guru dan siswa dalam meningkatkan prestasi motorik siswa seperti kegiatan keterampilan melukis dan mendaur ulang sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:54
Last Modified: 18 Apr 2023 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22728

Actions (login required)

View Item View Item