Rohman, A. Kholilur (2021) “Strategi Pembelajaran aqidah akhlak kelas VII pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Darun Najah Ajung, Jember.”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
A. Kholilur Rohman_T20171175.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19, Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak. Dampak wabah Covid-19 terhadap sistem pendidikan, sehingga menghambat jalannya proses pembelajaran. Pendidikan di Indonesia ialah salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 tersebut. Dampak covid-19 terhadap dunia pendidikan sangat besar dan dirasakan oleh berbagai pihak terutama guru, peserta didik dan orang tua. Adapun fokus penelitian yang di ambil adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran online mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII pada masa pandemi Covid-19 di MTs Darun Najah. (2) Bagaimana strategi pembelajaran offline mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII pada masa pandemi Covid-19 di MTs Darun Najah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran online mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII pada masa pandemi Covid-19 di MTs Darun Najah Ajung, Jember. (2) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran offline mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII pada masa pandemi Covid-19 di MTs Darun Najah Ajung, Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi lapangan. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Adapun hasil penelitian yang didapatkan penulis, yaitu: (1) Strategi pembelajaran online Aqidah Akhlak kelas VII yang dilaksanakan Madrasah Tsanawiyah Darun Najah, Ajung, Jember ialah strategi pembelajaran yang dilaksanakan pada masa pandemi dengan memakai media pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp dan youtube dan menggunakan jenis pembelajaran online sinkronus yaitu pembelajaran online yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam waktu yang bersamaan. (2) Strategi pembelajaran offline Aqidah Akhlak kelas VII yang diterapkan Madrasah Tsanawiyah Darun Najah, Ajung, Jember ialah strategi pembelajaran yang dilaksanakan pada masa pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, strategi pembelajaran tersebut menggunakan metode ceramah dengan pendekatan pembelajaran ekspositori serta memakai model pembelajaran interaksi sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:54 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22734 |
Actions (login required)
View Item |