Implementasi Mastery Learning Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang

Mudzhar, Ahmad (2020) Implementasi Mastery Learning Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Mudzhar_084131159.pdf

Download (28MB)

Abstract

Setiap lembaga menginginkan seorang pendidik yang sukses dalam proses belajar mengajarmya, maka seorang guru harus profesional dalam memberikan materi, bahan ajar atau pelajarannya. Tiap guru yang menghadapi kelas baru, lebih dahulu menjajaki kemampuan peserta didik berdasarkan golongan pandai, sedang dan bodoh serta tingkat kemampuan menguasainya berbeda-beda. Namun untuk membedakan hal tersebut harus ada pengklarifikasian yang telah disetujui melalui strategi pembelajaran yang diimplementasikan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan Mastery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang (2) Bagaimana pelaksanaan Mastery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang (3) Bagaimana evaluasi Mastery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Tujuan penelian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan Mastery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, (2) mendeskripsikan pelaksanaan Mastery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, (3) mendeskripsikan evaluasi Mastery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Penelitian ini Menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan subyek dengan penelitian purposive. Teknik pengumpulan data dengan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriftif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi : pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat dihasilkan sebagai berikut : 1. Perencanaan Mastery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang dilakukan dengan baik terbukti dengan mampunya peserta didik dalam penguasaan materi pendidikan agama Islam (PAI) baik dari segi umum maupun khusus. 2. Pelaksanaan Mastery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang berjalan cukup baik dan sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan oleh guru seiring dengan arah dan tujuan pendidikan. 3. Evaluasi Mastery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kalipenggung 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang telah dilakukan dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menilai kemampuan, pemahaman dan penguasaan peserta didik terhadap materi setelah menerima materi dengan menggunakan evaluasi formatif dan sumatif. Kata Kunci : Belaajar Tuntas (Mastery Learning).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 02 May 2023 06:43
Last Modified: 02 May 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22875

Actions (login required)

View Item View Item