Strategi Koperasi Asosiasi Handicraft Jember Indonesia (AHAJI) dalam Mengembangkan Home Industri Bagi Masyarakat di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember

Hermawan, Andi (2020) Strategi Koperasi Asosiasi Handicraft Jember Indonesia (AHAJI) dalam Mengembangkan Home Industri Bagi Masyarakat di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Andi Hermawan_D20162028.pdf

Download (5MB)

Abstract

Strategi adalah pendayagunaan dan alokasi semua sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan. Dalam usaha meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan melalui home industri, kebanyakan masyarakat masih dikategorikan berada dalam taraf ekonomi menengah ke bawah atau bermodal kecil, maka pemerintah dalam era pembangunan yang dicanangkan tidak luput pula menaruh perhatian pada sektor ekonomi dan stabilitas nasional dengan berbagai cara, diantaranya memberikan dorongan-dorongan ke arah untuk meningkatkan perekonomian rakyat dengan melalui per-koperasian dengan maksud agar masyarakat ekonomi kecil dan bermodal kecil dapat memperoleh bantuan pinjaman atau tambahan modal dari koperasi yang menyalurkan kredit atau pinjaman itu. Adanya bantuan dari koperasi tersebut ditujukan agar masyarakat dapat menikmati kemakmuran secara. Dalam menjalankan usaha koperasi diarahkan pada usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota, baik untuk menunjang usaha maupun kesejahteraannya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan fokus penelitian yang ingin dikaji yaitu: 1) Bagaimana strategi koperasi AHAJI dalam mengembangkan usaha home industri bagi masyarakat di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan produk home industri. Tujuannya untuk; 1) Mendiskripsikan strategi koperasi AHAJI dalam mengembangkan usaha home industri bagi masyarakat di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember, 2) Mendiskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan produk home industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian diantaranya: pembina koperasi AHAJI, ketua koperasi AHAJI, anggota koperasi AHAJI (anggota pengurus dan anggota pengrajin). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan pengambilan simpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan koperasi AHAJI dalam mengembangkan home industri di Desa Tutul ialah; a) menyediakan bahan baku kerajinan, b) mengadakan pelatihan pemasaran produk kerajinan, dan c) memberikan motivasi kepada para pengrajin. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan home industri; a) Faktor pendukung: faktor internal dan faktor eksternal, b) Faktor penghambat: faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci: Strategi, Koperasi, dan Home industri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 May 2023 04:35
Last Modified: 03 May 2023 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22929

Actions (login required)

View Item View Item