Alvionita, Cindy Oktavi (2020) Pengaruh Lingkungan Usaha Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keberhasilan Usaha Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mitra Usaha Mandiri Semboro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Cindy Oktavi Alvionita_E20161064.pdf Download (2MB) |
Abstract
Koperasi merupakan kumpulan orang-orang atau badan hukum yang bertujuan untuk perbaikan sosial ekonomi anggotanya dengan memenuhi kebutuhan anggotanya dengan jalan saling membantu antara satu dengan yang lainnya dengan cara membatasi keuntungan, usaha tersebut harus didasarkan pada prinsip-prinsip koperasi. Koperasi perlu dikelola secara terarah dimaksudkan untuk mengembangkan kegiatan usaha dan berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat khususnya dalam perekonomian nasional. Tujuan penelitian ini adalah : a) untuk menganalisis pengaruh signifikan antara lingkungan usaha terhadap keberhasilan usaha Koperasi Simpan Pinjam “Mitra Usaha Mandiri” Semboro; b) untuk menganalisis pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keberhasilan usaha koperasi Simpan Pinjam “Mitra Usaha Mandiri” Semboro; c) untuk menganalisis pengaruh signifikan antara lingkungan usaha dan kualitas pelayanan terhadap keberhasilan usaha Koperasi Simpan Pinjam “Mitra Usaha Mandiri” Semboro secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan field research. Lingkungan usaha dan kualitas pelayanan diukur dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 37 anggota koperasi dengan menggunakan sampling jenuh. Adapun analisis data kuantitatif yang digunakan meliputi Uji Instrumen Penelitian, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi R2 , dan Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : a) secara parsial variabel lingkungan usaha (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan nilai t hitung sebesar 6,593 > t tabel 1,690 dan nilai signifikansi yang dihasilkan untuk variabel lingkungan usaha (X1) adalah sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima; b) secara parsial variabel kualitas pelayanan (X2) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan nilai t hitung sebesar -0,782 < t tabel 1,690 dan nilai signifikansi yang dihasilkan untuk variabel kualitas pelayanan (X2) adalah sebesar 0,440 > 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak; c) secara simultan variabel lingkungan usaha (X1) dan kualitas pelayanan (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan nilai t hitung 126,850 > t tabel 2,49 dan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Lingkungan Usaha, Kualitas Pelayanan, Keberhasilan Usaha
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 03 May 2023 09:01 |
Last Modified: | 03 May 2023 09:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22981 |
Actions (login required)
View Item |