INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM SEKOLAH JUM’AT BERBUSANA MUSLIM DI SMPN 11 JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

Ansori, Agung Izza (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM SEKOLAH JUM’AT BERBUSANA MUSLIM DI SMPN 11 JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
agung_fixs_New[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Agung Izza Ansori, 2022: “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Program Sekolah Jum’at Berbusana Muslim Di SMPN 11 Jember”.
Kata kunci : Internalisasi, nilai-nilai karakter religius, program jum’at berbusana muslim
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis karena SMP pada umumnya lebih memfokuskan pada mata pelajaran umum sehingga siswa cenderung kurang dalam pemahaman keagamaan jika dibandingkan dengan peserta didik yang berada di Madrasah Tsanawiyah. Dengan adanya program jum’at berbusana muslim yang didukung dengan kegiatan lainya yang berbentuk nilai karakter religius, agar sekolah lebih mudah dalam menanamkan karakter religius pada siswa. Oleh karena itu, penulis ingin mengkaji atau mengetahui Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Program Sekolah Jum’at Berbusana Muslim Di SMPN 11 Jember.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Tahapan Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Program Jum'at Berbusana Muslim Di SMPN 11 Jember? 2) Apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Program Jum’at Berbusana Muslim Di SMPN 11 Jember?
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk Mendeskripsikan Tahapan Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Program Jum’at Berbusana Muslim Di SMPN 11 Jember, 2) Untuk Mendeskripsikan Faktor Pendukung Dan Penghambat Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Program Program Jum'at Berbusana Muslim Di SMPN 11 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sehingga diperoleh informan 1. (Kepala Sekolah), 2. (Guru PAI), 3. (Peserta Didik Beragama Muslim). Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan dan Saldana dengan Langkah-langkah: 1) Kondensi Data, 2) Penyajian Data, 3) Penarikan Kesimpula n. Untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu: triangulasi teknik, triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini, 1) Terdapat 3 tahapan: Tahap transformasi nilai yang dilakukan melalui kajian keagamaan setelah pembacaan tahlil, Tahap transaksi nilai yang dilakukan setelah kajian keagamaan oleh bapak zainul ulum dibuka sesi tanya jawab, Tahap transinternalisasi nilai dilakukan melalui pembiasaan di hari jum’at siswa (islam) memakai busana muslim, shalat dhuha, pembacaan asmaul husna, pembacaan tahlil. 2) Faktor pendukung program dalam kegiatan ini adalah adanya keaktifan dari siswa dan dukungan dari berbagai pihak seperti kepala sekolah dan para guru. faktor penghambat dalam kegiatan ini adalah keterbatasan waktu, kurangnya sarana pra-sarana dan tidak semua siswa tidak beragama islam sehingga dikhawatirkan adanya kecemburuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr Agung Izza Ansori
Date Deposited: 09 May 2023 02:32
Last Modified: 09 May 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22990

Actions (login required)

View Item View Item