Prastyowati, Eka (2020) Perilaku Konsumen dalam Persepsi Model Howard dan Sheth sebagai Alternatif Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Minat Membeli Tempe Rambipuji di Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Eka Prastyowati_083144185.pdf Download (7MB) |
Abstract
Perilaku konsumen juga menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh para pemasar/penjual karena bertujuan untuk mengetahui dan memahami berbagai aspek yang ada pada konsumen yang akan digunakan dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat. Keputusan membeli ada pada diri konsumen, dimana mereka akan menggunakan berbagai kriteria dalam membeli produk tertentu. Konsumen tentu akan memilih produk yang bermutu lebih baik dengan harga yang lebih murah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perilaku konsumen dalam persepsi model Howard dan Sheth sebagai alternatif memahami perilaku konsumen terhadap minat membeli tempe Rambipuji di Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan perilaku konsumen dalam persepsi model Howard dan Sheth sebagai alternatif memahami perilaku konsumen terhadap minat membeli tempe Rambipuji di Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Tipe atau karakter perilaku konsumen bermacam-macam. Disini dapat dilihat dari seberapa lama mereka mau bertahan untuk membeli. Pembeli lebih memilih tempe dengan rasa dan tekstur yang bagus. Tidak hanya itu saja, ada pembeli yang terlebih dahulu melakukan pengamatan , dengan cara membeli pada beberapa penjual yang kemudian mereka jadikan referensi untuk memilih mana yang sesuai dengan selera mereka. Setelah itu baru mereka memberikan keputusan untuk membelinya. Ada beberapa konsumen yang melakukan proses pembelian secara langsung tanpa adanya dorongan. Dalam hal ini proses dilakukan tanpa adanya input, melainkan secara langsung pada proses intern yaitu pengamatan atau persepsi. Kemudian barulah pada tahap output yaitu tanggapan yang berupa keputusan untuk membeli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 04 May 2023 07:10 |
Last Modified: | 04 May 2023 07:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23052 |
Actions (login required)
View Item |