Jannah, Faridatul (2020) Manajemen Program Pendidikan Di Pesantren Mahasiswa (Studi Kasus di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Faridatul Jannah_T20153074.pdf Download (37MB) |
Abstract
Mahasiswa dikenal sebagai agent of control dan agent of change. Untuk mewujudkan peran mahasiswa tersebut maka diperlukan kegiatan-kegiatan positif sebagai langkah awal untuk mengontrol diri agar dapat memberikan perubahan positif di sekitarnya. Hingga saat ini system pendidikan yang mampu menjawab kebutuhan mahasiswa adalah pesantren. Karena pesantren memiliki visi yang menekankan pada fitrah manusia sebagai hamba yang harus tunduk pada kehendak Allah dan berakhak baik kepada sesama makhluknya. Oleh karena Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II hadir untuk mewujudkan peran mahasiswa dengan lima program pendidikan, yaitu pengembangan bahasa Asing, tahfidz dan tahsin al-Qur’an, kajian kitab kuning, majelis dzikir dan sholawat, dan panguatan aswaja. Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II? 2) Bagaimana pengorganisasian program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II? 3) Bagaimana pelaksanaan program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II? 4) Bagaimana pengawasan program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan mengunakan pendekatan Kualitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan lima program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II. Kegiatan program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II memiliki tujuan agar mahasiswa memiliki kegiatan positif dan memiliki daya saing. Permasalahan yang terjadi pada mahasiswa dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan tujuan dan pemillihan sumber daya- sumber daya yang dapat membantu mencapai tujuan program pendidikan. Selain itu mengidentifikasi kemudahan dan hambatan dijadikan sebagai bahan koordinasi untuk mengetahui faktor yang dapat membantu dan menghambat pelaksanaan program pendidikan. Serta pegembangan rencana dibagi ke dalam program jangka panjang dan program jangka pendek. 2) Pengorganisasian lima Program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II meliputi, pembagian kerja dalam lima program pendidikan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan di masing-masing bidang. Departementalisasi program pendidikan dilakukan dengan cara membagi ke dalam kelompok-kelompok yang disesuaikan dengan kemampuan mahasantri dalam bidang kebahasaan dan al-qur’an. Rentang kendali, setiap tutor kelompok dalam program tersebut mengajar 13 sampai 22 orang. Koordinasi lima program pendidikan, setiap permasalahan yang terjadi dalam program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II dikoordinasikan pada pengurus dan didiskusikan bersama pengasuh. 3) Pelaksanan lima program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II. Pada sadarnya pelaksanaan lima program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II terdapat dua program yaitu program rutinitas dan insidentil. Program rutinitas ini terdiri dari program pendidikan kajian kitab kuning, pengembagan bahasa asing, tahfidz dan tahsin al-Qur’an. Sedangkan program insidentil terdiri dari program pendidikan majelis dzikir dan sholawat, dan penguatan aswaja. 4) Pengawasan lima program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II. Menetapkan standar, penetapan standar lima program pendidikan tertuang dalam peraturan Pesantren mahasiswi Darul Arifin II yang wajib diikuti oleh seluruh mahasantri. Pengukuran prestasi kerja dilakukan setiap triwulan untuk mengevaluasi program kerja yang telah terealisasi dengan menyesuaikan prestasi kerja dengan standar yang telah dibuat. Kemudian pengambilan tindakan korektif dibahas dalam rapat yang memiliki tujuan untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. Kata Kunci: Manajemen Program Pendidikan, Pesantren Mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 05 May 2023 02:14 |
Last Modified: | 05 May 2023 02:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23103 |
Actions (login required)
View Item |