Studi Analisis Tentang Penyelesaian Wanprestasi Perjanjian Jual Beli Sawah di Desa Pasarejo Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso Perspektif Fiqh Muamalah. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Pembimbing Dr. Abdul Wahab, M.H.I

Hasanah, Hafidatul (2021) Studi Analisis Tentang Penyelesaian Wanprestasi Perjanjian Jual Beli Sawah di Desa Pasarejo Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso Perspektif Fiqh Muamalah. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Pembimbing Dr. Abdul Wahab, M.H.I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hafidatul Hasanah_S20172075.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Jual Beli, Wanprestasi, Fiqh Muamalah Wanprestasi terjadi karena adanya ingkar janji dalam suatu perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak atau lebih, yang mana salah satu pihak diantaranya tidak melaksanakan kewajiban atau prestasi sesuai dalam apa yang telah di janjikan. Seperti: praktik jual beli sawah yang ada di Desa Pasarejo Kecamatan Wonosari kabupaten Bondowoso yang menerapkan sistem pembayaran secara bertahap dan waktu pembayarannya sesuai keinginan penjual. Dalam praktik jual beli sawah ini terjadi wanprestasi yang mana penjual tidak memenuhi janjinya dengan alasan yang tidak jelas serta merubah perjanjian yang ditentukan sepihak oleh penjual ketika pembeli sudah melunasi sisa pembayaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan perjanjian jual beli sawah di Desa Pasarejo Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso?. (2) Bagaimana bentuk penyelesaian wanprestasi perjanjian jual beli sawah di Desa Pasarejo Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso perspektif Fiqih Muamalah?. Adapun untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan jenis penelitian yuridis empiris yang dihimpun dari lapangan yang menggunakan metode kualitatif didasarkan pada konsep-konsep muamalah, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif, yaitu suatu metode yang diawali dengan menggunakan kenyataankenyataan yang bersifat khusus berdasarkan pengalaman nyata (ucapan, perilaku subjek maupun situasi lapangan) dari hasil riset menuju ke teori. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan jual beli dan penyelesaian wanprestasi dalam jual beli sawah yang terjadi di Desa Pasarejo Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso secara cermat dan detail. Dari penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan dalam jual beli sawah yang ada di Desa Pasarejo Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso, yaitu menggunakan pembayaran secara bertahap dengan harga yang ditentukan dan dengan waktu pembayaran yang telah disepakati kedua belah pihak. (2) Bentuk penyelesaian wanprestasi antara penjual dan pembeli telah sesuai dengan fiqh muamalah, yang mana kedua belah pihak lebih memilih menyelesaikan wanprestasi tersebut secara kekeluargaan (Al-Shulhu). Pembeli berusaha memahami alasan yang diberikan oleh penjual, sehingga kedua belah pihak telah sama-sama rela.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:53
Last Modified: 08 May 2023 20:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23147

Actions (login required)

View Item View Item