Siti Anisatul, Iriani (2023) Pengembangan media E-Spinning wheel berbasis discovery learning pada materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs BAITUL HIKMAH -Tempurejo. Undergraduate thesis, Universitas Kyai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
SITI ANISATUL IRIANI _T201810009.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Siti Anisatul Iriani, 2023: Pengembangan Media E-Spinning Wheel Berbasis Discovery Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTs Baitul Hikmah- Tempurejo
Kata Kunci: Media pembelajaran, Game Spinning Wheel,Discovery Learning, Pencemaran Lingkungan
Media dapat menjadi faktor pendorong bagi peserta didik untuk mengoptimalkan daya serap dan daya kreativitas peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terciptanya daya tarik peserta didik pada pembelajaran IPA khususnya materi Pencemaran Lingkungan. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara pada pendidik IPA dan peserta didik, bahwa pendidik hanya memanfaatkan sumber belajar yang minim berupa buku paket, terkadang Powerpoint, video pembelajaran, yang menyebabkan peserta didik kurang tertarik dan mudah bosan dalam pembelajaran IPA. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya tarik peserta didik yaitu dalam bentuk permainan. Aplikasi spinning wheel dengan model pembelajaran discovery learning merupakan permainan edukasi yang dapat memacu peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran, melatih kerjasama kelompok, dan melatih pola pikir peserta didik dalam memecahkan latihan soal.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan tingkat kevalidan media pembelajaran E-spinning wheel dengan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Baitul Hikmah. 2) mendeskripsikan hasil respons peserta didik terhadap media E-spinning wheel dengan model pembelajaran discovery learning pada materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Baitul Hikmah.
Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Namun tahapannya dibatasi hanya pada tahap Develop karena keterbatasan waktu dalam penelitian. Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna serta respons peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kevalidan menggunakan skala likert dengan 5 kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis kevalidan, media pembelajaran E-spinning wheel dapat dikategorikan sangat valid. Hasil persentase media pembelajaran dari ahli materi 80%, penilaian dari ahli media sebesar 93,3%, dan penilaian dari ahli pengguna (guru IPA) diperoleh persentase 92,3% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba respons peserta didik pada uji coba skala kecil diperoleh persentase 82,82%, sedangkan uji coba respons peserta didik pada skala besar sebesar 85,88%.
Analisis respons siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran game spinning wheel sangat menarik, karena terdapat gambar, video demonstrasi, latihan soal yang disajikan dalam bentuk video dan permainan, dan dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik sehingga timbul usaha lebih maksimal dalam proses pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Siti Anisatul Iriani |
Date Deposited: | 09 May 2023 01:53 |
Last Modified: | 09 May 2023 01:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23173 |
Actions (login required)
View Item |