Prabasari, Letiarti (2020) Penerapan Metode Hanifida Dalam Menghafal Asmaul Husna Untuk Mengembangkan Daya Ingat Peserta Didik Kelompok A TK Khadijah 184 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Letiarti Prabasari_T20165004.pdf Download (34MB) |
Abstract
Kata kunci: Metode Hanifida dan Daya Ingat Kelompok A Menghafal asmaul husna dengan metode hanifida merupakan cara yang dilakukan oleh pendidik dalam menyajikan pembelajaran menghafal asmaul husna dengan metode hanifida yakni metode berupa gabungan dari gerakan, bernyanyi, dan bercerita. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan peserta didik dalam menghafal asmaul husna. Dengan menerapkan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran dan sebagai media hiburan peserta didik dalam kegiatan menghafal yang dapat mengembangkan daya ingat peserta didik. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di TK Khadijah 184 Genteng Banyuwangi. Fokus pada penelitian ini ada 3 yaitu,: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan daya ingat peserta didik kelompok A TK Khadijah 184 Genteng Banyuwangi tahun ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan daya ingat peserta didik kelompok A TK Khadijah 184 Genteng Banyuwangi tahun ajaran 2019/2020? 3) Bagaimanakah evaluasi penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan daya ingat peserta didik kelompok A TK Khadijah 184 Genteng Banyuwangi tahun ajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan daya ingat peserta didik kelompok A TK Khadijah 184 Genteng Banyuwangi tahun ajaran 2019/2020 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan daya ingat peserta didik kelompok A TK Khadijah 184 Genteng Banyuwangi 3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan daya ingat pesert didik kelompok A TK Khadijah 184 Genteng Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan oservasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi, sedangkan untuk menentukan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Kesimpulan penelitian ini, yaitu: 1) perencanaan penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan daya ingat peserta didik kelompok A TK Khadijah 184 yaitu Penyusunan perangkat pembelajaran dalam menentukan materi,metode yang digunakan serta penilaian yang akan digunakan oleh guru sebelum pembelajaran berlangsung. 2) pelaksanaan penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan daya ingat peserta didik kelompok A TK Khadijah 184 dilakukan pada kegiatan pembuka dan kegiatan penutup.Upaya yang dilakukan dalam mengembangkan daya ingat pada peserta didik dalam penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna diawali dengan pemberian lafadz asmaul husna sesuai dengan pembagian yang telah ditentukan dengan gerakan tangan sesuai dengan makna lafaz asmaul husna dan juga terdapat cerita yang ada kaitannya dengan makna dari lafadz asmaul husna. 3) evaluasi penerapan metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan daya ingat peserta didik kelompok A TK Khadijah 184 dapat diketahui dari evaluasi tes yang dilaksanakan di akhir semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 09 May 2023 03:11 |
Last Modified: | 09 May 2023 03:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23242 |
Actions (login required)
View Item |