Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2019/2020.

Kurniawati, Ms (2020) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Kurniawati_084141413.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada dasarnya pembelajaran itu sangat penting. Karena Pembelajaran itu tidak hanya dilihat dari sudut pandang tertentu tapi dari segala arah. Pendidikan Agama Islam bukan hanya sebagai sarana transformasi pengetahuan dalam aspek keagamaan (kognitif), melainkan juga pendidikan Agama Islam juga sebagai sarana internalisasi norma dan nilai moral untuk membentuk sikap (afektef), serta berperan sebagai pengendali prilaku (psikomotorik) sehingga tercipta kepribadian yang utuh. Maka pembelajaran pendidikan Agama Islam merupakan pilar utama dalam membentuk karakter islami peserta didik. Berdasarkan realita, tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 2) Bagaimana materi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 3) Bagaimana metode pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Argopuro Panti Jember. 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. Adapun tujuan dalam pnelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 2) Untuk mendeskripsikan materi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 3) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan sumber data dalam penelitian ini dengan melalui purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumntasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut. 1) Tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam hal ini menekankan pada penanaman nilai-nilai kehidupan seperti halnya kejujuran, kedisiplinan, kesabaran dan nilai-nilai norma kehiduan yang lainnya dalam bermasyarakat, dalam sekolah sudah jelas tertulis dalam tata tertib sekolah, visi dan misi sekolah. 2) Penanaman materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam disini lebih ditekankan kepada akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama, dan akhlak kepada lingkungan. 3) Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam sendiri menggunakan beberapa metode yang digunakan yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, keteladanan dan pembiasaan. 4) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan cara penilaian yang melalui perencanaa, pelaksanaan dan hasil timbal balik yang sudah tertulis dalam RPP, PROTA, dan PROMES, yang sudah mencakup tiga aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 03:58
Last Modified: 09 May 2023 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23250

Actions (login required)

View Item View Item