PENERAPAN PEMBELAJARAN PAI DALAM KEGIATAN MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) PERSPEKTIF BENJAMIN S. BLOOM PADA SISWA KELAS XII SMA AL-ISLAM KRIAN KABUPATEN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Fityassaludi, Jia Isma (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN PAI DALAM KEGIATAN MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) PERSPEKTIF BENJAMIN S. BLOOM PADA SISWA KELAS XII SMA AL-ISLAM KRIAN KABUPATEN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
JIA ISMA FITYASSALUDI _T20191282 (WATERMARK).pdf

Download (6MB)

Abstract

Jia Isma Fityassaludi. 2023. Penerapan Pembelajaran PAI dalam Kegiatan
Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) Perspektif Benjamin S. Bloom pada
Siswa Kelas XII SMA Al-Islam Krian Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran
2022/2023
Kata Kunci : Pembelajaran PAI, Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa
(MABIT), Perspektif Benjamin S. Bloom
Pembelajaran PAI dalam Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT)
merupakan proses interaksi belajar antara guru dan siswa yang dimulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan menyampaikan informasi yang
dilaksanakan melalui kegiatan malam bina iman dan taqwa (MABIT) yaitu
menginap selama satu malam di sekolah. Dalam kegiatan tersebut berisi hal-hal
positif seperti sholat berjamaah, kajian keislaman, dan lain-lain, yang mana
kegiatan tersebut juga memperhatikan tiga ranah perspektif Benjamin S. Bloom
seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik pada siswa.
Fokus penelitian dari penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran PAI dalam kegiatan malam bina iman dan taqwa
(MABIT) dari segi ranah kognitif perspektif Benjamin S. Bloom pada siswa kelas
XII SMA Al-Islam Krian Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran 2022/2023? (2)
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam kegiatan malam bina iman dan
taqwa (MABIT) dari segi ranah afektif perspektif Benjamin S. Bloom pada siswa
kelas XII SMA Al-Islam Krian Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran 2022/2023?
(3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam kegiatan malam bina iman
dan taqwa (MABIT) dari segi ranah psikomotorik perspektif Benjamin S. Bloom
pada siswa kelas XII SMA Al-Islam Krian Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran
2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif.
Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan
data menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber,
triangulasi teknik, dan member check.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam
kegiatan malam bina iman dan taqwa (MABIT) pada siswa kelas XII SMA Al�Islam Krian Kabupaten Sidoarjo pada ranah kognitif yaitu mengasah kemampuan
pemahaman siswa dengan melalui ceramah keagamaan dan kajian keislaman
menggunakan model pembelajaran secara integrasi yang artinya setiap materi
pembelajaran yang disampaikan dikaitkan dengan apa yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari siswa. (2) Sedangkan untuk ranah afektif, dalam
pembelajaran PAI dilakukan dengan pembentukan sikap. (3) Yang terakhir yaitu
ranah psikomotorik, dimana melakukan pembiasaan sholat berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Jia Isma Fityassaludi
Date Deposited: 09 May 2023 09:35
Last Modified: 09 May 2023 09:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23261

Actions (login required)

View Item View Item