Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Membentuk Sikap Ta’dzim Siswa Terhadap Guru Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren

Sholihah, Magfirotus (2021) Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Membentuk Sikap Ta’dzim Siswa Terhadap Guru Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Magfirotus Sholihah_T20161089.pdf

Download (963kB)

Abstract

Pendidikan karakter sejatinya sangatlah penting, terlebih dengan kondisi pendidikan yang seperti saat ini, di mana banyak sekali tindak kekerasan dalam dunia pendidikan di luar sana, mulai dari tawuran antar siswa, siswa memukuli guru bahkan guru mencabuli siswa, tragedi-tragedi demikian sudah tidak asing lagi di telinga kita, hal itu terjadi karena sudah berkuranagnya esensi dari pendidikan karekter tersebut. Inilah gunanya mengapa pendidikan karakter haruslah mendapatkan perhatian lebih dari pihak-pihak lembaga pendidikan. Seperti halnya di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren ini yang menerapkan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah: Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berbentuk penelitian lapangan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan data reduction, data display dan verification. Sedangkan untuk mengukur keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini bahwa: pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren ini ada tujuan yang ingin di capai yakni agar siswa dapat berperilaku sebagaimana perilaku seorang santri yang mayoritas seorang santri di kenal dengan orang yang berilmu agama tinggi dan memiliki sikap ta’dzim yang tinggi pula dengan menerapkan teori-teori yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim itu sendiri. yang mengikuti pembelajaran ini hanyalah siswa putra mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis pada jam pelajaran terakhir. Mengenai implementasi pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren itu terlaksana atas tiga kegiatan yaitu: 1. perencanaan, yang dalam hal ini di lakukan penyususnan perencanaan pembelajaran secara tidak tertulis, kegiatan ke 2. pelaksanaan pembelajaran, pada kegiatan ini ada tiga tahapan yang pertama, pembukaan kedua kegiatan inti dan yang ke tiga penutup, kegiatan terakhir dalam pembelajaran ini yaitu evaluasi, yang dalam hal ini dilaksanakan di dalam dan di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 09:10
Last Modified: 09 May 2023 09:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23283

Actions (login required)

View Item View Item