Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III pada Era New Normal di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 Lumajang.

Azizah, Malikah Nurul (2021) Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III pada Era New Normal di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Malikah Nurul Azizah_T20174065.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: blended learning, era new normal, pembelajaran tematik. Blended learning menarik untuk diteliti karena sudah diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 pada era new normal ini. Metode ini merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang mengkolaborasikan antara pembelajaran offline dan online. Metode ini diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 karena memberikan kemudahan kepada guru dalam proses kegiatan pembelajaran yang berkurang, serta kemudahan bagi siswa dalam mencari materi atau sumber informasi. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode blended learning dalam pembelajaran tematik siswa kelas III pada era new normal di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 Lumajang tahun pelajaran 2020/2021?; 2) Bagaimana pelaksanaan metode blended learning dalam pembelajaran tematik siswa kelas III pada era new normal di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 Lumajang tahun pelajaran 2020/2021?; 3) Bagaimana evaluasi metode blended learning dalam pembelajaran tematik siswa kelas III pada era new normal di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 Lumajang tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode blended learning dalam pembelajaran tematik siswa kelas III pada era new normal di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 Lumajang tahun pelajaran 2020/2021; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode blended learning dalam pembelajaran tematik siswa kelas III pada era new normal di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 Lumajang tahun pelajaran 2020/2021; 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode blended learning dalam pembelajaran tematik siswa kelas III pada era new normal di Sekolah Dasar Negeri Pandansari 01 Lumajang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi nonpartisipatif, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu kondenasi data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data atau keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: pertama, perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru berupa rencana pelaksanaan pembelajaran blended learning, mengatur jadwal pembelajaran offline dan online, serta bahan ajar untuk pembelajaran blended learning. Kedua, pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan sintaks blended learning yaitu seeking of information (pencarian informasi), acquisition of information (perolehan informasi) dan shynthesizing of knowledge (merekontruksi pengetahuan) yang dilakukan pada pembelajaran online maupun offline, sedangkan terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan metode ini yaitu akses internet yang tiba-tiba mengalami gangguan pada saat melakukan pembelajaran online, serta pada pembelajaran offline terkadang masih ada siswa yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti lupa tidak memakai masker. Ketiga, penilaian pembelajaran blended learning meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diamati pada pembelajaran online dan offline dengan cara-cara tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 01:55
Last Modified: 10 May 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23306

Actions (login required)

View Item View Item